alexametrics

Gibran dan Kaesang Dilaporkan ke KPK, PDIP Soroti Pergerakan Dosen UNJ

17 Januari 2022, 14:29:53 WIB

JawaPos.com – Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun. Gibran dan Kaesang dilaporkan karena diduga terlibat dugaan tidak pidana pencucian uang.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pihaknya melalui DPC Kota Surakarta sudah menjalin komunikasi dengan Gibran soal adanya laporan yang dibuat Ubedillah. Gibran sendiri disebut telah melakukan bantahan.

“Komunikasi sudah dilakukan terutama di DPC PDIP di kota Surakarta dan klarifikasi langsung yang dilakukan oleh Mas Gibran,” ujar Hasto ditemui di Kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (17/1).

Hasto berujar, sikap Gibran yang langsung memberikan bantahan adalah langkah yang tepat. “Hal yang positif langsung meredam berbagai upaya yang menggunakan hukum sebagai alat kendaraan politik dengan motif-motif tertentu,” katanya.

Lebih lanjut Hasto menyoroti tentang rekam jejak Ubedillah Badrun yang dinilainya dekat dengan satu partai politik tertentu.

“Kita melihat kami sendiri melihat bagaimana rekam jejak saudara Ubedillah tersebut, termasuk dalam pergerakan di sosmed yang mengungkapkan keterlibatannya dengan partai politik tertentu,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Ubedillah melaporkan Gibran dan Kaesang ke KPK pada Senin (10/1). Keduanya dilaporkan terkait dugaan tindak pidana korupsi atau tindak pidana pencucian uang relasi bisnis anak presiden dengan grup bisnis yang diduga terlibat pembakaran hutan.

Ubedillah menyebut laporannya bermula pada 2015 PT SM yang menjadi tersangka pembakaran hutan dan sudah dituntut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan senilai Rp 7,9 triliun.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads