alexametrics

Survei Median: Elektabilitas Gibran Masih Kalah Dari Petahana

16 Desember 2019, 16:17:48 WIB

JawaPos.com – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka resmi mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo. Namun, berdasara survei Median, Popularitas dan elektabilitas bos Markobar itu masih kalah dibanding petahana.

Direktur Utama Median Rico Marbun yang merilis tingkat popularitas calon Wali Kota Solo 2020 menyebutkan, Gibran belum mampu menyaingi elektabilitas dari petahana Achmad Pramono yang tingkat popularitasnya sebesar 94,5 persen. Sementara Gibran hanya mendapatkan 82,3 persen.

“Hanya ada dua nama populer di atas yang lain. Sisanya semua di bawah 50 persen,” kata Rico konfrensi pers di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (16/2).

Nama lainnya yang muncul dalam survei Median adalah Ketua DPRD Solo Teguh Prakosa. Kemudian Anggota DPRD Dinar Retna Indrasari, dan cucu Presiden RI pertama Soekarno, Paundrakarna Sukmaputra.

“Jadi Teguh Prakosa meraih 50,0 persen, Dinar Retna mendapatkan 41,9 persen dan Paundar mendapatkan angka 40,0 persen.

Rico mengatakan, dari survei yang dilakukan warga Solo pemilih Purnomo beralasan sang petahana berpengalaman, merakyat, dan belum ada calon lain. Sementara pemilih Gibran beralasan dia muda, pengusaha kreatif, dan anak Jokowi.

Meski Gibran masih tertinggal, Rico menilai masih ada kemungkinan Gibran bisa mengalahkan petahanan. Karena saat ini saja elektabilitas Gibran sebesar 82,3 persen.

“Masih sangat mungkin berubah karena waktu pilkada masih sembilan bulan lagi,” ungkapnya.

Adapun sampel dari survei ini sebanyak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dijadikan sampel adalah seluruh warga Indonesia.

Sementara sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proposional atas populasi kecamatan serta gender. Survei ini dilakukan pada 3-9 Desember 2019

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads