alexametrics

Ini Pesan Jokowi kepada Bamsoet Soal Pelantikan Presiden

16 Oktober 2019, 17:15:23 WIB

JawaPos.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo kembali mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agendanya untuk membahas rencana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10), pukul 14.30 WIB di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Politikus Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, presiden menyampaikan pesan bahwa ini merupakan ritual lima tahunan terakhir dari pesta demokrasi, yang ujungnya harus ada pelantikan.

“DPR sudah (dilantik), sekarang tinggal presiden (yang dilantik). Beliau (presiden) berpesan pelantikan dilaksanakan dengan sederhana namun tetap khidmat dan agung,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10).

Presiden, kata Bamsoet, juga ingin pelantikan itu memberi pesan kepada dunia internasional bahwa situasi politik Indonesia sangat kondusif. “Serta siap menerima investor untuk lima tahun mendatang,” kata mantan Ketua DPR itu.

Sebelumnya, Jokowi usai menerima kehadiran pimpinan MPR di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/10) pagi, menyatakan bahwa dia sudah menyampaikan supaya acara pelantikan nanti berlangsung sederhana.

“Saya juga menyampaikan penyelenggaraan upacara dan perayaan di pelantikan dilakukan sederhana saja, tetapi juga tanpa mengurangi kekhidmatan acara itu,” ujarnya.

Diketahui, Jokowi dan Ma’ruf Amin akan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di Sidang Paripurna MPR, Minggu (20/10).

Pelantikan itu akan dihadiri dua kepala negara, empat kepala pemerintahan, dan sembilan utusan khusus dari negara sahabat. Pelantikan juga dihadiri para anggota MPR, serta tamu undangan lainnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads