alexametrics

GMV Tagih Realisasi Visi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

16 September 2021, 18:36:22 WIB

JawaPos.com – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang didominasi oleh wilayah perairan. Negeri ini memiliki luas wilayah laut yang mencapai 3,25 juta kilometer persegi dan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia mencapai 2,55 juta kilometer persegi.

Karena itu, Direktur Eksekutif Gerakan Muda Visioner (GMV), Teofilus mengatakan, besarnya wilayah lautan Indonesia membuat negara ini memiliki banyak sekali potensi sumber daya kelautan. Karena itu sudah seharusnya, pemerintah berupaya untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Sesuai dengan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan memajukan Indonesia menjadi negara maritim yang berdaulat. Tentunya harus dibarengi dengan konsep ketahanan maritim yang mampu melindungi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil terluar,” ujar Teofilus dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Kamis (16/9).

“Kita pahami bersama, negara maritim adalah sebuah negara yang menggunakan dan menguasai semua kekuatan strategis di lautan sebagai kuasa laut yang meliputi aspek politik, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.” tutur Teofilus

Menurutnya, wujud kekuatan strategis tersebut merupakan kekuatan maritim yang terdiri armada perdagangan, armada perikanan, industri dan jasa maritim, infrastruktur, potensi sumber daya kelautan, dan kekuatan angkatan laut sebagai armada perang.

“Jadi apabila pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, maka pemerintah wajib membangun kekuatan maritim yang strategis, mulai dari armada perdagangan hingga armada perang (angkatan laut),” imbuhnya.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads