JawaPos Radar

Sidang Tahunan MPR 2018

Di Depan Jokowi dan JK, Zulhas Tetap Anggap Cak Imin sebagai Cawapres

16/08/2018, 12:25 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Sidang Tahunan
Ketua MOR Zulkifli Hasa, Wapres Jusuf Kalla dan Presiden Joko Widodo saat hadir bersama di Sidang Tahunan MPR. Dalam pidatonya Zulhas sempat mencandai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Dery/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 telah dipastikan hanya menghadirkan dua pasangan calon, Prabowo-Sandiaga ataupun Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, dalam pidato pembukaan sidang MPR 2018, Ketua MPR Zulkifli Hasan rupanya masih saja menganggap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Sebutan cawapres itu diungkapkan Zulhas—sapaan akrabnya—saat menyambut sejumlah daftar nama hadirin sidang yang menghadiri acara tersebut. Mulai dari mantan presiden, para menteri, pejabat negara, hingga ketua umum parpol. 

"Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB, yang tetap cawapres," canda Zulhas dalam pidato sambutannya saat membuka sidang MPR di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Pernyataan itu sontak membuat suasana sidang menjadi lebih cair karena mendadak banyak peserta sidang yang tertawa. Selain Cak Imin, acara itu juga dihadiri pula oleh beberapa tokoh nasional lainnya.

Selain itu, Zulhas juga mengaku senang Presiden kelima Megawati Soekarnoputri turut hadir dalam sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD. 

"Terima kasih Ibu Megawati sudah hadir. Kalau Ibu Mega enggak datang, sepi Bu," katanya yang disambut tepuk tangan.

Lebih lanjut dalam pidatonya, Zulhas juga mengajak seluruh parpol untuk melakukan persaingan secara baik dalam Pemilu 2019 mendatang. Caranya, bersaing sehat dengan adu ide dan gagasan sarat narasi yang harus jauh dari rasa kebencian dan permusuhan.

"Pemilu itu persaingan antara saudara dan antara anak bangsa. Kita punya tanggung jawab sejarah untuk tidak mengotori bangsa kita dalam politik kebencian," ungkapnya. 

Di sisi lain, ia pun mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu menghadapi pemilu serentak nanti. "Partai boleh beda, calon presiden boleh beda tapi merah putih kita sama," pungkasnya. 

Diketahui, dalam sidang ‎tahunan MPR, DPR, dan DPD ini selain Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, hadir juga mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Boediono. Namun dalam sidang kali ini Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak hadir.

(ce1/aim/gwn/JPC)

Alur Cerita Berita

Kolaborasi APBN, BUMN, dan Swasta 16/08/2018, 12:25 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up