alexametrics

Pengamat: Usulan Poros Ketiga Semakin Mustahil

16 Juli 2018, 12:37:19 WIB

JawaPos.com – Direktur Eksekutif Indo Barometer Qodari mengakui bahwa peluang terbentuknya poros ketiga semakin mustahil. Hal itu menyusul dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kepada Joko Widodo (Jokowi).

Dia mengatakan, dukungan partai besutan Cak Imin itu kepada Jokowi pun dinilainya mengubah konstelasi politik nasional secara signifikan. Ditambah lagi pernyataan Cak Imin yang mengaku legawa jika tak dipilih mantan Wali Kota Surakarta itu.

“Pernyataan Muhaimin secara terbuka mengatakan bahwa mendukung pak Jokowi menjadi calon presiden atau dipilih untuk cawapres, tetapi kalau tidak dipilih sebagai cawapres tetap mendukung pak Jokowi,” kata Qodari kepada JawaPos.com, Senin (16/7).

“Menurut saya telah mengunci posisi PKB dari bola liar menjadi bola yang jelas arahnya itu adalah Pak Jokowi,” sambungnya.

Qodari menambahkan, deklarasi PKB kepada Jokowi pun sekaligus menutup asa partai Demokrat untuk membentuk poros ketiga. Pasalnya, secara hitung-hitungan politik itu, kemungkinan itu akan sulit terealisasi. Khususnya, untuk mencapai ambang batas presiden (presidential threshold).

Dia menyebut, parpol yang belum menentukan dukungan, baik PAN dan PKS, dinilai akan diambil oleh kubu pendukung Prabowo. Sehingga, sekalipun Demokrat merebut dukungan salah satu dari parpol tersebut, syarat PT pun masih belum tercapai.

“Kalau tanpa PKB maka terciptanya poros katakan lah pak SBY partai Demokrat itu menjadi hal yang sulit begitu. Antara PAN PKS pasti salah satunya diambil Pak Prabowo,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (aim/JPC)



Close Ads
Pengamat: Usulan Poros Ketiga Semakin Mustahil