alexametrics

Sandiaga Uno Kunjungi Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal

16 Mei 2019, 14:37:30 WIB

JawaPos.com – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menggelar safari di sejumlah lokasi di Surabaya kemarin (15/5). Selain bersilaturahmi dengan jajaran tim pemenangan Prabowo-Sandi, mantan Wagub DKI Jakarta itu mengunjungi keluarga penyelenggara pemilu yang meninggal. Dalam kesempatan tersebut, Sandi mengungkapkan sikap dan pandangannya terkait dinamika politik pasca coblosan pilpres.

Salah satu agenda yang dihadiri Sandi adalah silaturahmi bersama para ulama dan jajaran tim pemenangan Prabowo-Sandi di kantor Badan Pemenangan Provinsi (BPP) di kawasan Gayungsari. Sandi membeberkan persoalan pilpres. Di antaranya, dugaan pelanggaran secara masif pada masa kampanye hingga perhitungan suara. “Di Jatim saya mendapat laporan praktik politik uang secara masif, tapi dibiarkan,” katanya.

Sandi juga menyoroti pemilu kali ini yang menelan banyak korban. Lebih dari 600 petugas meninggal dan ribuan orang lainnya terbaring sakit. ”Inilah pemilu yang paling memilukan karena menelan banyak korban,” ujarnya.

Dia juga menyoroti beberapa temuan lain selama pilpres. Mulai temuan kesalahan perhitungan secara manual maupun di sistem perhitungan (situng), hingga soal daftar pemilih yang diduga invalid.

Sebelumnya, Sandi bertakziah di kediaman anggota KPPS yang meninggal, Noor Aida Hayati, di kawasan Ngagel. Di sana Sandi bertemu dengan keluarga mendiang. Selain menyampaikan belasungkawa, Sandi memberikan apresiasi terhadap dedikasi mendiang.

Sandi juga mengungkapkan pandangannya soal wacana otopsi terhadap penyelenggara pemilu yang meninggal. Dia menyebut hal itu masuk ranah privasi. “Bisa dilakukan, asal mendapat izin dari keluarga,” ucapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (ris/c18/fat)



Close Ads