alexametrics

Elektabilitas Airlangga Ambyar, Alvin: Ini Bisa Menjadi Beban Golkar

16 Januari 2022, 17:10:12 WIB

JawaPos.com – Ektabilitas Airlangga yang sangam rendah menjadi peringatan sekaligus merah untuk pencalonan dirinya sebagai Calon Presiden 2024. Bahkan rendahnya tingkat keterpilihan sang ketum itu juga bakal menjadi beban Partai Golkar dalam Pemilu 2024.

“Ini harus menjadi wake up call, apakah Airlangga mau maju jadi capres atau mengubah posisi menjadi cawapres,” ujar Dosen Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Silvanus Alvin dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (16/1).

Lalu apa yang membuat Airlangga gagal mendongkrak elektabilitas? Alvin tegas menyatakan bahwa strategi gaya lama alias jadul masih diterapkan di tengah era digital seperti saat ini. Salah satu contohnya dengan menebar banyak baliho.

“Padahal baliho itu hanya dilihat sambil lalu saja. Di era digital saat ini komunikasi politik sudah tidak bisa gaya lama, kale mash pakai model begini elektabilitasnya ya pasti ambyar” paparnya.

Karena itu, Airlangga harus jalankan praktik dan pola pikir di jalur digital. Dalam kajian komunikasi politik di kenal level komunikasi politik berdasarkan generasi dan media yang digunakan.

“Misalnya Facebook (Meta) didominasi Generasi X. Kemudian ada Instagram dan YouTube yang didominasi generasi milenial. Dan tidak kalah penting ada TikTok di generasi Z,” jelas Alvin.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads