JawaPos Radar | Iklan Jitu

Megawati Heran, Tiap Bicara Tiongkok Langsung Dituduh PKI

15 November 2018, 15:36:08 WIB | Editor: Estu Suryowati
Megawati Heran, Tiap Bicara Tiongkok Langsung Dituduh PKI
Megawati heran sering dituduh PKI. Ia pun bertanya-tanya, apakah pihak yang menuduh demikian betul-betul paham soal PKI atau komunisme. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengeluhkan isu Partai Komunis Indonesia (PKI) yang kerap dialamatkan padanya. Padahal, lanjut Mega, perkaranya sepele.

Misalnya, saat dirinya berbicara mengenai Tiongkok. Seketika itu, langsung saja ada fitnah dan tuduhan soal PKI padanya.

"Kalau saya bicara yang namanya Tiongkok, sering kali saya selalu dikatakan Bu Mega orang PKI," ujar Megawati dalam pembekalan caleg PDIP di DPP, Jalan Diponegoro, Kamis (15/11).

Atas dasar itu, Mega pun menjadi bertanya-tanya, apakah pihak yang menuduh demikian betul-betul paham soal PKI atau komunisme. "Sebenarnya ini menjadi pertanyaan saya. Orang ini (yang menuduh PKI) mengerti atau tidak asal menyebut saja," katanya.

Selain Megawati, rupanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengungkapkan kegelisahannya lantaran dituduh keturunan PKI. Jokowi mengatakan, isu yang dihembuskan sejak 2014 itu murni fitnah.

Dia menegaskan, keluarganya adalah Muslim sejati. Tidak ada hubungannya dengan PKI.

"Keluarga besar saya semuanya muslim, bapak ibu saya muslim, kakek nenek saya semuamya muslim," tegas Jokowi beberapa waktu lalu.

Mantan Walikota Surakarta itu pun mempersilakan pihak-pihak yang masih tidak percaya, untuk mengecek sendiri kebenarannya. Misalnya dengan mencari informasi dari ormas-ormas Islam di Solo yang mengetahui rekam jejak Jokowi.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up