JawaPos Radar

Sampai Larut, Prabowo 'Ceramahi' 300 Kader Muda Gerindra di Hambalang

15/10/2018, 16:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Sampai Larut, Prabowo 'Ceramahi' 300 Kader Muda Gerindra di Hambalang
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyempatkan diri memberikan pengarahan kepada kader muda Gerindra di tengah jadwalnya yang padat. (Igman Ibrahim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Meski memiliki jadwal yang terbiilang padat, calon presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto rupanya tetap menyempatkan diri memberikan pengarahan kepada 300 orang kader muda Gerindra tentang membangun semangat nasionalisme di tengah era globalisasi. Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu mengajak seluruh kader muda partainya untuk meneruskan cita-cita perjuangan para pendiri bangsa, yakni mewujudkan kemakmuran dan keadilan demi tercapainya Indonesia yang berdaulat.

"Kalian Kader-kader muda Gerindra harus membangun semangat cinta tanah air di tengah era globalisasi saat ini," kata Prabowo dalam pelantikan kaderisasi Gerindra Masa Depan (GMD) angkatan ke IX, di Padepokan Garuda Yaksa, Desa Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat, Senin (15/10) dini hari.

"Tantangan bangsa Indonesia akan semakin berat. Dan kalian lah yang akan meneruskan cita-cita perjuangan pendiri bangsa, menjaga bangsa dan negara kita untuk menuju keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuh mantan Danjen Kopassus itu.

Usai memberikan pengarahan, Prabowo pun melantik ratusan kader muda tersebut dengan membacakan 'Sumpah Palapa'. Itu adalah janji yang sering dibacakan oleh peserta kaderisasi Gerindra Masa Depan (GMD) saat mengikuti pelatihan di Hambalang, selama beberapa pekan.

Sementara itu, Sugiono selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Publik menjelaskan, Sumpah Palapa mereka ini semangatnya seperti yang dibacakan oleh Mahapatih Gadjah Mada, seorang panglima perang Kerajaan Majapahit. Gadjah Mada bersumpah untuk menyatukan dan menjaga kedaulatan kerajaannya kala itu.

"Akibat konsistensi menjaga Sumpah Palapa ini, Gadjah Mada akhirnya menjadi jenderal, panglima tentara, dan mahapatih terbesar sepanjang sejarah keIndonesiaan, hingga akhirnya mengantarkan Majapahit ke puncak kejayaannya," kata Sugiono.

"Itulah makanya mengapa siswa Gerindra Masa Depan ini disumpah untuk bisa menjaga persatuan bangsa dan keutuhan negara kita," lanjutnya lagi.

Tak hanya membacakan Sumpah Palapa, siswa GMD juga meminum air kelapa sebagai simbol untuk menyucikan jiwa dan raga.

"Air kelapa sebagai simbol yang suci dan bersih. Air kelapa identik dengan penghilang kotoran dalam tubuh. Dengan niat suci mengucap sumpah untuk kebaikan negara, bangsa dan rakyat serta meminum air kelapa sebagai simbol kejayaan Indonesia," paparnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up