alexametrics

Senin Besok, Firli dan 4 Wakil KPK Terpilih Disahkan di Paripurna DPR

15 September 2019, 17:46:57 WIB

JawaPos.com – Komisi III DPR RI telah memilih lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode 2019-2023. Ketuanya adalah Irjen Firli Bahuri, sementara empat wakilnya yakni Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Pimpinan KPK terpilih itu, rencananya akan disahkan dalam rapat paripurna DPR pada Senin (16/9) besok. Lili Pintauli Siregar mengaku dirinya sudah diberi undangan dari DPR untuk agenda pengesahan pimpinan KPK terpilih.

“Besok (Senin) kami diserahkan Komisi III ke rapat paripurna DPR RI. Jadi besok jam 13.00 WIB siang kami di Senayan semua,” kata Lili di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/9).

Menurut Lili, setelah pengesahan oleh DPR RI, selanjutnya Presiden Jokowi akan melantik mereka. Namun, sesuai masa tugas pimpinan KPK 2015-2019, kelima orang itu baru dilantik pada Desember 2019.

Kendati demikian, Lili belum dapat memastikan apakah kemungkinan pelantikan mereka dipercepat, mengingat pimpinan KPK telah menyerahkan mandat jabatan ke Jokowi pada Jumat (13/9). Menurutnya, percepatan pelantikan atau tidak merupakan wewenang Jokowi.

“Soal pelantikan apakah Desember apakah dipercepat kita serahkan kepada presiden,” jelasnya.

Untuk diketahui, Komisi III DPR RI telah menetapkan lima pimpinan KPK untuk periode 2019-2023 pada Kamis (12/9) malam. Mantan Deputi Penindakan KPK, Irjen Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua KPK jilid V.

Irjen Firli Bahuri ditetapkan sebagai Ketua KPK berdasarkan hasil voting suara tertinggi. Firli memperoleh 56 suara. Secara runut, setelahnya ada Alexander Marwata dengan 53 suara, Nurul Ghufron dengan 51 suara, Nawawi Pomolango dengan 50 suara, dan Lili Pintauli Siregar dengan 44 suara.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut dewan berencana mengesahkan lima pimpinan baru KPK periode 2019-2023 pada rapat paripurna DPR pada hari Senin (16/9).

“Tanggal 16 itu hari Senin, pas paripurna DPR yang akan mengesahkan pimpinan KPK yang sudah terpilih 5 orang,” kata Fahri Hamzah.

Tak hanya mengesahkan pimpinan KPK, Fahri menyebut rapat paripurna DPR turut membahas berbagai agenda strategis lain. Ia menyebut pimpinan rapat akan membacakan beberapa surat presiden Jokowi yang sudah masuk ke DPR.

“Ada tiga laporan tim pengawas dan saya lupa lagi, tetapi sudah terjadwal di situ. Kemungkinan juga kita akan membaca suratnya Pak Jokowi terkait beberapa RUU,” ujar Fahri.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads