JawaPos Radar

Idham Naik Jadi Wakapolri? Syafruddin: Banyak Bintang 2 yang Bagus

15/08/2018, 14:59 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Asman Abnur
Mantan MenPAN-RB Asman Abnur saat menggelar sertijab dengan penggantinya Komjen Syafruddin yang sebelumnya menjabat sebagai wakapolri. (Sabik/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tidak hanya kursi Wakil Gubernur DKI yang sedang kosong, posisi Wakapolri juga mendadak tak ada yang menduduki. Ini lantaran Komjen Pol Syafruddin baru saja dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Posisi Wakapolri yang saat ini kosong dikabarkan sudah akan ditempati oleh beberapa kandidat. Salah satunya yang paling santer beredar yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Aziz.

Menanggapi itu, Syafruddin enggan membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian belum selesai membahas calon pengisi jabatan yang ditinggalkannya.

"Belum, belum, Kapolri belum (memutuskan). Kalau sudah selesai tanyakan ke Kapolri saja," ujar Syafruddin di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (15/8).

Meski demikian, mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu menolak ikut terlibat dalam pemilihan calon penggantinya. Sebab hal itu menjadi wewenang Kapolri serta Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Terserah Kapolri (akan menunjuk siapa menjadi Wakapolri baru). Jabatan saya sudah saya serahkan ke Kapolri begitu bapak Presiden menunjuk saya (jadi Menpan-RB)," jelasnya.

Demikian juga terkait saat disinggung sosok penggantinya lebih cocok berpangkat jenderal bintang 2 atau 3, Syafruddin menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri. Ia mengaku sudah tidak memiliki otoritas dalam penunjukan pejabat Polri.

"Ya itu terserah Kapolri, terserah Wanjakti. Banyak bintang 2 yang bagus, banyak bintang 3 juga yang bagus, terserah Wanjakti nanti, karena saya nggak bisa, saya sudah nggak punya lagi wewenang bicara," tandasnya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up