alexametrics

Bukan Aher dan Mardani, Ini Kata PKS Soal Nama Pengganti Sandiaga

15 Agustus 2018, 18:49:55 WIB

JawaPos.com – Teka-teki nama wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno masih misteri. Nama kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan dan Mardani Ali Sera sempat digadang-gadang untuk menduduki posisi orang nomor dua Jakarta tersebut.

Akan tetapi belakangan ini nama itu justru langsung dibantah oleh PKS. “Saya engga ngerti ya siapa yang memunculkan nama-nama Pak Aher, ada Pak Mardani. Setahu saya bukan, tunggu aja,” kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/8).

Menurut HNW-sapaannya-, dalam aturan perundang-undangan, saat ini memang yang berhak mengajukan nama wagub adalah partai Gerindra dan PKS. Karena itulah kedua pihak telah setuju melakukan komunikasi secara prinsipil guna menentukan nama pengganti Sandiaga.

Namun yang pasti, kata dia, nama-nama itu nantinya bisa saja berasal dari tokoh parpol maupun tokoh non parpol. Syaratnya, harus mendapatkan surat rekomendasi dari PKS.

“(Wagub) bisa dari PKS atau yang kemudian profesional yang di-endorse oleh PKS,” ungkapnya.

Di sisi lain, HNW masih enggan membocorkan inisial nama yang telah masuk dalam bursa wagub pendamping Anies. Pasalnya, saat ini partainya tengah menunggu proses keluarnya Surat Keputusan (SK) pengunduran diri Sandi.

Setelah itu, lanjut HNW, partainya baru akan mengkonsultasikan nama-nama wagub yang sudah dikantonginya kepada Anies Baswedan. Partainya pun tak mau calon yang dipilihnya justru tak cocok dengan keinginan mantan menteri pendidikan tersebut.

“Karena kan kita juga paham bahwa tidak mungkin kita menghadirkan pengganti (wagub Jakarta) yang tidak bisa bekerja sama dan atau tidak seperti yang beliau harapkan,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (aim/JPC)


Close Ads
Bukan Aher dan Mardani, Ini Kata PKS Soal Nama Pengganti Sandiaga