alexametrics

Ketum PPP Romahurmuziy Kena OTT KPK, PSI Puji Jokowi

15 Maret 2019, 15:42:44 WIB

JawaPos.com – Operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang membekuk Ketua Umum PPP Romahurmuziy mengejutkan banyak pihak. Anggota Komisi VIII DPR yang biasa disapa Rommy itu ditangkap saat berada di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (15/3).

KPK menjerat Rommy lantaran melakukan ‘jual beli’ jabatan di lingkungan Kementerian Agama pusat dan daerah. Ia bersama empat orang lainya langsung dibawa ke Mapolda Jatim untuk diperiksa. Kemudian, rencananya dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Juru Bicara bidang hukum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest merasa terkejut atas kejadian yang menimpa Rommy. Namun ia berharap, KPK bisa bekerja secara profesional untuk menangani kasus ini secara tuntas.

“Tentu sebagai rekan satu koalisi kami kaget. Kita minta KPK bisa bekerja dengan baik,” kata Rian dalam keterangannya, Jumat (15/3).

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu menuturkan, kasus yang diduga menjerat Rommy menunjukkan bahwa penegakan hukum era Presiden Jokowi tidak tebang pilih. Artinya, ini jawaban atas tuduhan bahwa petahana sering menggunakan perangkat hukum sebagai alat.

“Kasus ini juga menunjukkan bahwa penegakan hukum dan pemberantasan korupsi berjalan baik di negeri ini,” ucap Rian.

Oleh karena itu, Rian mengklaim Presiden Jokowi tidak akan intervensi meski PPP mendukung Jokowi-Ma’ruf dalam kontestasi Pilpres 2019. “Kami pastikan tidak ada perlindungan hukum yang dilakukan Pak Jokowi kepada siapa pun yang bermasalah secara hukum,” pungkasnya.

Sebelumnya, tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan operasi tangkap tangan pada Jumat (15/3). Dalam operasi senyap yang dilakukan di wilayah Jatim tersebut, tim lembaga antirasuah dikabarkan menciduk seorang ketua umum partai politik. Selain ketua umum PPP, KPK juga mengamankan beberapa pihak lain yang diduga terlibat dalam kasus suap-menyuap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Rommy diamankan di kantor Depag, Sidoarjo, Jatim, tadi pagi. Saat ini, sang Ketum Parpol tersebut tengah menjalani pemeriksaan intensif bersama pihak lain yang ikut diciduk dalam operasi senyap tersebut.

“(Penangkapan Gus Rommy) Ya, benar, dong. Di Kanwil Sidoarjo ditangkapnya,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Burung Mangera saat dihubungi JawaPos.com.

Sementara itu, secara terpisah, ketika dikonfirmasi perihal adanya OTT, Ketua KPK Agus Raharjo membenarkannya. “Betul ada giat di Jatim. Saat ini ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim. Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan,” kata Agus.

Kendati membenarkan, Agus enggan menyebut dengan detail OTT yang dilakukan pada Rommy. Begitu juga mengenai kasus dan jumlah barang bukti yang membuat ia diamankan.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ketum PPP Romahurmuziy Kena OTT KPK, PSI Puji Jokowi