JawaPos Radar

Kepengurusan Baru, IIPG Gelar Baksos Deteksi Kanker Serviks

15/03/2018, 00:44 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga
Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga saat memberikan keterangan pada media di acara pelantiak sekaligus silaturahmi nasional di Kantor DPP Golkar, Slipi. (IIPG)
Share this image

JawaPos.com - Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) menunjukkan kepeduliannya terhadap kanker serviks. Perhimpunan para istri politikus Partai Golkar itu kegiatan bakti sosial itu di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Kegiatan baksos kesehatan itu merupakan rangkaian aksi sosial dari kepengurusan baru yang dikukuhkan Selasa (13/2). Melalui kegiatan yang digelar selama dua hari itu, IIPG memfasilitasi tes IVA bagi 500 warga di sekitar DPP Golkar. 

Ketua Umum IIPG Yanti Airlangga mengatakan, perempuan sangat rentan terhadap penyakit kanker, terutama kanker serviks. Menurutnya, penderita kanker serviks di Indonesia sudah mencapai 21 ribu kasus per tahun.

"Di Indonesia, penyakit ini telah menyumbang kematian yang cukup besar. Ini memprihatinkan bukan," ujar Yanti dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, (15/3).

Diketahui, kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti kaum perempuan. Berdasar data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks. 

Merujuk data WHO, Yanti mengungkapkan, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks. Karena itu, kanker serviks menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian perempuan.

Yanti juga menambahkan, melalui kegiatan bertema Sehat Bersama Golkar itu, IIPG hendak mengingatkan, kaum perempuan tentang bahaya kanker serviks sekaligus mengimbau peserta yang hadir untuk senantiasa memeriksakan diri sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan. 

Lebih lanjut Yanti mengatakan, kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan antisipasi sejak dini melalui tes IVA. Namun, yang disayangkan, lanjut Yanti, sebagian besar penderita kanker serviks baru menyadari saat kondisinya sudah parah.

”Saya berharap Ibu-ibu senantiasa waspada dan menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan, khususnya terkait bahaya kanker mulut rahim dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan," ujarnya. 

Bakti sosial kali ini sekaligus mengawali program kepengurusan IIPG periode 2018-2019. Selain tes IVA, ada pula donor darah bersama dan bazar murah dalam bakti sosial IIPG kali ini. 

"Melalui baksos, Sehat Bersama Golkar, mari meriahkan acara ini agar menjadi motivasi kita bersama untuk menuju masyarakat Indonesia yang sehat dan sejahtera," pungkasnya.

(dms/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up