alexametrics

UN Dihapuskan, Putra Nababan Minta Kajian Komprehensif Nadiem Makarim

14 Desember 2019, 20:45:30 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Markarim memiliki terobosan baru di dunia pendidikan. Mulai tahun depan, Ujian Nasional rencananya ditiadakan.

Menanggapi wacana penghapusan UN, anggota Komisi X DPR, Putra Nababan tidak mempermasalahkan terobosan tersebut. Namun, kata dia, parlemen meminta Nadiem merumuskan asesmen kompetensi dan survei karakter sebagai pengganti Ujian Nasional.

“Kami minta hasil kajian komprehensif sebelum ditetapkan oleh pemerintah. Kami itu setuju banget pengalihan UN,” ujar Putra Nababan dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (14/12).

Putra mengatakan, dirinya tidak ingin nantinya program baru tersebut menimbulkan polemik. Sehingga nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merugi karena disalahkan banyak pihak.

Putra menambahkan, saat ini yang diinginkan oleh anggota dewan adalah melihat kajian asesmen ‎kompetisi dan survei karakter. “Jangan nanti sudah dikaji malah jadi polemik. Jangan sampai kebijakan populis ini nanti malah Pak Jokowi yang kena,” katanya.

Selain itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut juga berpesan agar jangan sampai sistem asesmen pengganti UN berubah-ubah. “Jadi, jangan sampai nanti ganti menteri ganti program juga, itu kita tidak mau,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan UN hanya akan ada di 2020. Setelah itu, format asesmen kompetensi peserta didik akan diubah.

“Pada tahun 2021 UN akan diganti menjadi asesemen kompetisi minimum dan survei karakter,” ujar Nadiem.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads