alexametrics

Siap-Siap, Pemerintah Bakal Pangkas Dana Bansos

14 November 2015, 18:57:00 WIB

JawaPos.Com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) semakin waspada dengan pengucuran dana bantuan sosial (hibah) dan hibah di daerah-daerah yang akan menggelar pilkada. Kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo itu memang curiga terhadap daerah yang tiba-tiba menggelontorkan dana bansos jelang pilkada.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek,‎ anggaran untuk bansos memang selalu naik signifikan menjelang pelaksanaan pilkada. Ia menduga kenaikan itu ada kaitannya dengan agenda politik.

"Memang terjadi peningkatan signifikan dua tahun jelang pilkada. Dan anggaran itu sebetulnya tidak boleh politis," kata Reydonnyzar dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (14/11).

Birokrat yang lebih sering disapa dengan nama panggilan Donny itu menambahkan, pemerintah saat ini sedang merumuskan kebijakan untuk memangkas anggaran bansos. Pasalnya, banyak temuan tentang dana bansos di daerah justru melebihi anggaran pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Selain itu, pemangkasan dilakukan karena dana bansos rawan untuk disalahgunakan. Bahkan ada daerah yang menggelontorkan kenaikan bansos hingga 1000 persen karena mendekati pilkada.

"Saya tahu persis bagaimana praktik di daerah. Makanya Kemendagri pangkas anggaran. Anggaran kesehatan, infrastruktur belum 20 persen, malah bansos sudah lebih dari 12 persen. Ini kita pangkas, karena bansos naik 1000 persen," kata pelaksana tugas gubernur Sumatera Barat itu.(put/jpg)

Editor : ayatollah


Close Ads
Siap-Siap, Pemerintah Bakal Pangkas Dana Bansos