JawaPos Radar

Mundur dari Men-PANRB, Asman Abnur Tak Ingin Jadi Beban Jokowi

14/08/2018, 22:57 WIB | Editor: Estu Suryowati
Mundur dari Men-PANRB, Asman Abnur Tak Ingin Jadi Beban Jokowi
Men-PANRB Asman Abnur mengundurkan diri, Selasa (14/8). (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) Asman Abnur memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (14/8). Kader PAN itu mengaku keputusannya diambil setelah berbincang terlebih dahulu dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Asman mengaku bertemu dengan Pratikno di Kantor Mensesneg, Jakarta, pada Selasa (14/8) pagi. Kala itu, dia mengaku terbebani dengan posisi partainya yang tidak mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

"Karena pada saat koalisi parpol saya tidak mendukung Pak Jokowi itu berkoalisinya dengan calon presiden yang lainnya. Sehingga beliau (Jokowi) juga merasa terbebani dengan tuntutan parpol-parpol koalisi lainnya," ungkap Asman dalam konfrensi persnya.

Atas dasar itu, lanjut Asman, ia pun langsung yakin untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Men-PANRB. Asman pun tak mau posisinya sebagai menteri menjadi beban bagi parpol koalisi maupun Jokowi.

"Maka tadi saya pagi menyampaikan kepada Mensesneg, saya diizinkan untuk memohon bisa disetujui untuk mengundurkan diri sebagai Men-PANRB. Lalu, Pak Pratik menjawab mungkin ini bisa diputuskan setelah saya menghadap Bapak Presiden," tuturnya.

Keputusan untuk mengundurkan diri pun dinilainya juga telah disetujui oleh Jokowi. Di Istana Bogor, Asman menyebut mantan Wali Kota Surakarta itu memahami niat baiknya untuk mengurangi beban Jokowi.

"Alhamdulillah Bapak Presiden memahami masalah saya dan saya juga merasa karena PAN tidak mendukung Pak Presiden, tentu kehadiran saya di koalisi Indonesia Kerja ini tidak baik secara etika. Dan beliau menyampaikan 'Kalau itu yang terbaik, tentu saya tidak bisa menolak permohonan izin untuk mundur'" tuturnya menirukan respons Jokowi.

Di sisi lain, kata dia, Jokowi juga mengapresiasi dengan berbagai kinerja yang telah dicapai oleh Asman selama dua tahun menjabat Men-PANRB. Dia pun berharap penggantinya dapat ditempati oleh orang yang lebih baik lagi.

"(Pengganti) saya nanti bisa digantikan oleh orang yang lebih netral dan saya berdoa semoga pengganti saya diganti oleh orang yang lebih baik dari saya," ucapnya.

"Saya menitip agar kawan-kawan di Kemen-PANRB tidak boleh mundur, tidak boleh turun semangatnya untuk bekerja yang baik bagi bangsa dan negara," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up