JawaPos Radar

Imbas PAN Dukung Prabowo-Sandi, Jokowi Bakal Reshuffle Menteri Asman?

14/08/2018, 12:13 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Asman Abnur
Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur terancam dicopot lantaran partainya mendukung Prabowo Sandi di Pilpres 2019. (jpnn/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Keputusan Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung pasangan Prabowo-Sandi sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berdampak negatif bagi kadernya di kabinet. Posisi Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang diisi oleh Asman Abnur terancam dicopot.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno tidak menampik kabar tersebut. Pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, dimungkinkan terjadinya reshuffle kabinet untuk mencopot Asman dari jabatannya. 

"Ada pertanyaan kemudian, apakah akan ada reshuffle dalam waktu dekat? Yah mungkin saja. Kita tunggu keputusannya (Presiden), karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian di Pilpres," ujar Pratikno di Jakarta, Selasa (14/8).

Lebih lanjut, Pratikno membantah jika nantinya reshuffle ini terjadi karena kinerja Asman yang buruk. Bahkan, menurutnya, Jokowi senang dengan kinerja menteri dari PAN itu. Namun situasi ini dipastikan terjadi hanya karena konstelasi politik.

"Kalau terkait kinerjanya ini kan Menteri PAN-RB yang ada di pemerintahan dalam hal ini Pak Asman Abnur sangat puas dan bagus (kerjanya)," jelasnya.

Meski demikian, Pratikno mengaku tidak tahu-menahu jika memang Asman dicopot akan langsung dicarikan penggantinya atau tidak. Hal itu diserahkan sepenuhnya kepada Presiden.

"Ya kita lihat nanti lah. Saya belum tahu keputusannya seperti apa," sambungnya.

Di sisi lain, Pratikno mengakui jika yang terancam di-reshuffle hanya MenPAN-RB. Sementara itu bagi menteri yang maju menjadi calon legislatif (caleg) diperkenankan mengambil cuti tanpa harus mundur atau dicopot dari posisinya.

"Kalau (menteri) nyaleg kan berbeda, dalam regulasi disebutkan bahwa ya diberi kewenangan untuk cuti," tandasnya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up