JawaPos Radar

Gantikan Asman, Besok Pukul 10.00 Wakapolri Dilantik Jadi MenPANRB

14/08/2018, 23:07 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Komjen Syafruddin
Syafruddin dikabarkan akan dilantik menjadi menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan-RB) menggantikan Asman Abnur (jpnn/jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Wakapolri Komjen Syafruddin dikabarkan akan menjadi menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan-RB) menggantikan Asman Abnur.  Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu malam ini mengundurkan diri dari kabinet karena partainya tak mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Jika memang Syafruddin menjadi MenPAN-RB, Polri pun sudah menyiapkan penggantinya. Irjen Idham Aziz yang kini memimpin Polda Metro Jaya akan naik jabatan menjadi Wakapolri pengganti Syafruddin.

“Saya dengar TB2 (Wakapolri, red) naik menjadi pengganti Asman. Selanjutnya Idham jadi Wakapolri,” ujar sumber yang dikenal sangat dekat dengan elite Polri kepada jpnn (Jawa Pos Grup), Selasa (14/8).

Diketahui, Idham merupakan teman seangkatan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Akademi Kepolisian (Akpol). Keduanya lulusan Akpol angkatan 1987.

Tito dan Idham juga sama-sama aktif di bidang reserse dan penanganan terorisme. Keduanya bahkan pernah bersama-sama di Densus 88 Antiteror, Tito sebagai kepala Densus sedangkan Idham wakilnya.

Keduanya berprestasi melumpuhkan sejumlah gembong teroris, termasuk Dr Azahari di Kota Batu, Jawa Timur. Prestasi tersebut berbuah penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo saat dimintai konfirmasi JawaPos.com mengaku sudah mendapatkan undangan pelantikan menteri di Istana Negara. Politikus Golkar itu pun memastikan akan menghadiri pelantikan tersebut.

"Saya dapat konfirmasi dari protokol DPR, benar besok ada pelantikan pukul 10.00 WIB," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo, Selasa (14/8) malam.

"Insyaallah saya hadir karena saya dan Pak Syafruddin bersahabat baik sejak lama," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin memberi sinyal soal kebenaran tersebut. Namun Ali masih perlu memastikan kabar itu.

"Ya Hampir, hampir benar," kata Ngabalin kepada wartawan. 

(jpg/aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up