JawaPos Radar

Pileg 2019

PAN Sebut Tak Ada Kesulitan, Proses Pendaftaran Caleg Sudah 90 Persen

14/07/2018, 17:15 WIB | Editor: Estu Suryowati
PAN Sebut Tak Ada Kesulitan, Proses Pendaftaran Caleg Sudah 90 Persen
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Chandra Tirta Wijaya menuturkan, proses pendaftaran caleg PAN sudah 90 persen. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) telah memasuki masa akhir. Namun hingga saat ini belum terlihat ada partai politik yang mendaftarkan kadernya.

Situasi itu lantas menimbulkan persepsi bahwa partai politik kesulitan melengkapi persyaratan calon dan pencalonan anggota legislatif. Akan tetapi, opini tersebut dibantah oleh Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Chandra Tirta Wijaya.

Menurut dia, PAN tidak mengalami kesulitan mencari kader untuk dimajukan di Pileg 2019. Bahkan saat ini persiapan pendaftaran sudah mencapi 90 persen.

"Alhamdulillah tidak sulit cari caleg (bagi PAN). Saat ini sudah 90 persen selesai," ungkap Chandra di Gado-gado Boplo Jalan Gereja Theresia Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/7).

Adanya persyaratan 30 persen keterlibatan perempuan juga disebut tidak menjadi hambatan. Meski masih ada kekurangan untuk melengkapi ketentuan ini, namun ia memperkirakan hal itu bisa segera selesai.

"Untuk perempuan juga cuma tinggal 20-an orang lagi, tapi itu kurangnya juga hanya sebatas administrasi," terang Chandra.

Lebih lanjut Chandra mengatakan, fokus PAN yaitu mendapat kursi di setiap daerah pemilihan (dapil).

PAN hanya berharap kader yang dimajukan sebagai caleg memiliki minat di bidang politik dan mau bekerja untuk rakyat. Hal itu dapat dilihat dari jiwa suka rela figur bersangkutan.

Sementara itu, terkait nomor urut caleg, akan ditentukan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) partai. Penentuannya juga akan menggunakan penilaian masing-masing calon.

"(Penentuan nomor urur caleg) Kami berpegang pada AD-ART kami ya. Ada skoring nah dari skoring itulah kami nilai masing-masing jadi tidak sulit," pungkas Chandra.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up