alexametrics

Mahfud MD: Salah Menuduh KPU Kaki Tangan Pemerintah

14 Maret 2019, 16:40:24 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan lembaga independent yang dibentuk oleh DPR. Sehingga, tidak elok rasanya menuding KPU sebagai lembaga kaki tangan pemerintah.

“KPU itu milik semua partai. Salah kalau orang menuduh KPU itu kaki tangan pemerintah. Pemerintah tidak punya akses. Yang punya akses ya partai-partai itu,” kata Mahfud MD usai menjadi pembicara dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) ke IX di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (14/3).

Saat ini, memang ramai disoalkan tentang daftar pemilih tetap (DPT) dan kerusakan surat suara di beberapa KPU provinsi dan kabupaten/kota. Paling menjadi sorotan adalah tentang ratusan Warg Negara Asing (WNA) yang masuk sebagai DPT dan memiliki e-KTP.

Berbagai persoalan ini dinilai sebagian politisi dan publik sebagai celah untuk melakukan kecurangan dalam memenangkan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Agar tidak terus menuai tudingan-tudingan, Mahfud menyarankan KPU lebih transparan dalam menjelaskan kasus-kasus atau kesalahan yang terjadi menjelang Pemilu April 2019. Hal ini juga akan membuka mata publik, jika KPU bersikap netral.

“Jika ada masalah, langsung jabarkan penanganannya. Sehingga tidak diseret-seret ke ranah politik yang lebih luas,” tegasnya.

Menurut Mahfud, sangat jauh perbedaan rezim orde baru dan demokrasi. Di era orde baru, pemerintah secara vertikal bisa mengontrol semua lembaga di bawahnya. Sedangkan saat ini, pemerintah tidak bisa terlalu mengintervensi lembaga di bawah, seperti KPU misalnya.

KPU berjalan sendiri sesuai regulasi atau Undang Undang yang dibentuk di parlemen. Ketika KPU salah dalam mekanisme dan proses penyelenggaraan, tidak serta merta menuduh pemerintah ikut campur.

“Kalau menganggap lembaga (KPU) salah ya yang salah partai-partainya sendiri. Kan partai yang buat KPU,” ujar mantan Ketua MK itu.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

Mahfud MD: Salah Menuduh KPU Kaki Tangan Pemerintah