alexametrics

DPR Mulai Proses PAW Wahyu Setiawan

14 Februari 2020, 19:45:35 WIB

JawaPos.com – Komisi II DPR segera memproses pergantian antarwaktu terhadap kursi komisioner KPU yang ditinggalkan Wahyu Setiawan. Komisi yang membidani urusan dalam negeri dan kepemiluan itu telah menerima surat penggantian dari Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU. Nama pengganti Wahyu adalah I Dewa Raka Sandi.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo kemarin (13/2). Dia mengatakan, DPR segera menggelar rapat dengan agenda menetapkan komisioner KPU pergantian antarwaktu (PAW). ”Mungkin rapat kami agendakan pekan depan,” ucap Arif.

Dia menyebut, tidak ada proses fit and proper test dalam penetapan komisioner pengganti. Mekanisme penggantian dilakukan berdasar penghitungan suara terbanyak hasil pemilihan komisioner KPU periode 2017–2022 di Komisi II DPR pada 5 April 2017. Raka Sandi adalah peraih suara terbanyak ke-8 dan memperoleh 21 suara. Artinya, Raka Sandi otomatis menjadi pengganti jika satu di antara tujuh komisioner KPU berhalangan tetap. ”Itu sudah final sesuai hasil voting komisi II periode 2014–2019,’’ papar Arif.

Setelah itu, DPR segera mengirim surat ke presiden sebagai dasar keluarnya surat keputusan (SK) presiden. Selanjutnya, presiden akan menerbitkan keputusan presiden (keppres) tentang pengangkatan anggota KPU untuk proses pelantikan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mar/c17/fat


Close Ads