JawaPos Radar

Soal Verifikasi Faktual Semua Parpol, KIPP: Ini Bukan Soal Biaya

14/01/2018, 19:53 WIB | Editor: Dimas Ryandi
KPU
KPU Diminta MK untuk segera melaukan Verifikasi Parpol pada semua partai peserta pmeilu 2019. (JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan uji materi mengenai verifikasi faktual partai politik (parpol) diminta untuk tidak terus diperdebatkan. Sebab, apa yang telah diputuskan lembaga yang diketuai Arief Hidayat itu sudah final dan mengikat.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta menegaskan, langkah MK untuk mengabulkan uji materi yang diajukan Partai Idaman mengenai verifikasi parpol sudah tepat. 

Kaka juga mengharapkan, partai politik dan KPU agar tidak terus berpolemik atas apa yang telah diputuskan. Melainkan dapat mempersiapkan diri dan menindaklanjuti keputusan yang telah diambil oleh lembaga yang didirikan tahun 2003 itu.

"Jadi kita tidak perlu berdebat panjang tapi bagaimana kita menyiapkan bagaimana proses berikutnya," kata Kaka di Gedung PP PON, Jakarta, Minggu (14/1).

Selain itu, Kaka bependapat, ketakutkan besarnya biaya untuk pelaksanaan verifikasi faktual ulang bukanlah menjadi suatu persoalan. Sebab, saat ini yang terpenting adalah parpol harus siap mempresentasikan keanggotaanya sampai tingkat kabupaten.

"Ini bukan soal biaya tapi ini soal meyakinkan diri masyarakat, bahwa parpol harus siap mempresentasikan keanggotaanya dan kemudian kantornya permanen sehingga dapat melayani publik," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up