alexametrics

Keluar Demokrat sejak Mei 2019, Pakde Karwo Dilantik Jadi Wantimpres

13 Desember 2019, 20:10:24 WIB

JawaPos.com – Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres). Politikus yang biasa disapa Pakde Karwo itu mengaku sudah keluar dari Partai Demokrat.

Saat dikonfirmasi, Pakde Karwo menegaskan, penunjukan sebagai wantimpres itu tidak mewakili Partai Demokrat. Sebab dia mengaku sudah tidak menjadi bagian dari partai yang dikepalai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

“Sudah keluar (keluar dari Partai Demokrat, red)” ujar Soekarwo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12).

Lebih lanjut, Pakde Karwo juga mengatakan, pengunduran dirinya dari Partai Demokrat karena telah menjabat Komisaris Utama PT Semen Indonesia sejak Mei 2019 lalu. Sebab salah satu syarat menjadi pejabat di perusahaan pelat merah tersebut tidak dibolehkan orang yang berlatar bekalang politikus.

“Aku keluar dari Demokrat sejak jadi Komisaris Utama Semen Indonesia,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio itu membenarkan Pakde Karwo sudah mengundurkan diri dari partai berlogo bintang mercy.

Menurut Renville, Pakde Karwo sudah memberikan surat pengunduran dirinya dari jabatan Ketua DPD Jawa Timur dan menjadi kader Partai Demokrat pada Juli 2019 lalu. Hal itu karena menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia.

“Jadi Pakde Karwo harus melepaskan diri dari jabatannya di Partai Demokrat, karena etiknya begitu (politikus tidak boleh menjabat di perusahaan BUMN),” kata Renville.

Diketahui Presiden Jokowi melantik sembilan Anggota Dewan Pertimbangan (Watimpres) periode 2019-2024. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara. Kesembilan Watimpres tersebut bersumpah yang dibacakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut sembilan nama yang dilantik Jokowi sebagai Wantimpres:

1. Sidarto Danusubroto (politikus PDIP)
2. Dato Sri Tahir (pengusaha )
3. Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha)
4. Mardiono (politikus PPP)
5. Wiranto (mantan Menkopolhukam)
6. Agung Laksono (politisi Golkar)
7. Arifin Panigoro (pengusaha)
8. Soekarwo (mantan Gubernur Jawa Timur)
9. Luthfi bin Yahya (Tokoh NU)

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads