alexametrics
Persoalan OPM Papua

Wiranto: Kita Kejar dan Habisi Mereka!

13 Desember 2018, 17:50:09 WIB

JawaPos.com – Pemerintah terus berupaya menyelesaikan kasus pembantaian sadis di Distrik Yigi, kabupaten Nduga, Papua. Pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB) menjadi salah satu fokus menyelesaikan perkara ini.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, fenomena adanya KKB bukan hanya terjadi di Indonesia. Melainkan di negara lain juga terjadi.

“Di negeri ini ada kekuatan bersenjata yang melakukan pembunuhan, melakukan pengacauan, di negara manapun juga ada. kita kejar kita habisi mereka,” ujar Wiranto di Grand Sahid Hotel Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (13/12).

Mantan Panglima TNI itu menilai, KKB ini mesti ditindak tegas. Supaya tidak mengganggu stabilitas keamanan negara yang berujung pada terganggunya sektor kepentingan nasional.

“Jangan sampai mengganggu kepentingan negara yang besar ini, jangan mengganggu persatuan negara ini. Yang jelas itu bisa kita selesaikan enggak usah diributkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum Hanura itu masih berharap kasus di Nduga bisa diselesaikan dengan cara yang baik tanpa kekerasan. Namun, jika KKB ini tetap melakukan perlawan dan melanjutkan aksi kejinya, maka dia pun tidak menolak jika TNI-Polri mengambil langkah represif dalam menangani mereka.

“Ingat itu semata-mata demi menjaga keutuhan NKRI.  Mereka KKB yang jelas-jelas melakukan pembunuhan brutal, ya harus kita selesaikan. Artinya ada satu pembenaran bagi polisi dan TNI untuk menghabisi, mengejar mereka,” kata Wiranto.

“Tapi kalau bisa kita selesaikan dengan cara-cara baik. Itu kalau bisa. Mereka (KKB, Red) sadar kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi bagus, tapi kalau tidak bisa dan mengorbankan masyarakat banyak, mengganggu kepentingan nasional, mengganggu stabilitas nasional ya tindak tegas,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (sat/JPC)

Wiranto: Kita Kejar dan Habisi Mereka!