JawaPos Radar

Pilpres 2019

KPU Pastikan Paslon yang Tak Lolos Tes Kesehatan bakal Langsung Gugur

13/08/2018, 12:20 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Arief Budiman
Ketua KPU Arief Budiman saat berada di RSPAD untuk ikut serta memantau jalanya tes kesehatan pasangan capres cawapres. (igman/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, pihaknya akan menggugurkan bakal calon presiden maupun wakil presiden yang dinyatakan tak lolos tahapan pemeriksaan kesehatan. Meskipun masih banyak persyaratan lainnya yang harus dipenuhi pasangan yang bakal berlaga di Pilpres 2019.

"Iya (gugur kalau nggak memenuhi syarat kesehatan), syarat medical lolos tapi ternyata ada syarat lain kan macam-macam itu mulai ijazah, laporan harta kekayaan, dan sebagainya," kata oleh Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD, Jakarta, Senin (13/8).

Meski demikian, Arief tak bisa menjabarkan lebih detail soal faktor-faktor yang membuat paslon tak lolos tes kesehatan. Ia pun menyerahkan sepenuhnya kepada tim medis. "Kalau itu tanya pemeriksa ya," ungkapnya.

Diketahui, standar pemeriksaan kesehatan tes medis telah distandardisasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aturan itu pun sesuai dengan PKPU Nomor 22 Tahun 2018 Pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. 

Selain itu, aturan rinci terkait pemeriksaan telah diatur pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

(ce1/aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up