JawaPos Radar

Pilpres 2019

Fahri Desak Pemerintah Bentuk Badan Khusus Rehabilitasi Pascagempa

13/08/2018, 00:35 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat mengunjungi sejumlah lokasi pengungsian korban gempa Lombok. (DPR RI)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah kembali menyambangi korban gempa di Lombok, Minggu (12/8). Legislator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mendesak agar dibentuk badan khusus untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Lombok setelah gempa.

"Sekali lagi saya tekankan penanganan yang lebih komprehensif dan segera, membentuk badan khusus untuk rehabilitasi dan rekonstruksi Lombok pascagempa," kata Fahri. 

Ia menambahkan saat ini beberapa tim dalam koordinasinya secara simultan masih bergerak dengan fokus di daerah-daerah terisolir. 

"Tim relawan pusat maupun lokal dari Keluarga Alumni (KA) KAMMI, Lentera Anak Desa (LAD), Fahri Voice, Indonesia Relief dan Yayasan Dhiaul Fikri, secara simultan bergerak sejak pertama kali gempa 29 Juli lalu," ujarnya.

Menurutnya relawan-relawan tersebut saat ini terlibat dalam pembagian dan distribusi logistik untuk korban terdampak gempa di pelosok desa di Lombok Barat.

Proses rehabilitasi gempa Lombok masih akan berlangsung lama. Mengutip BMKG, gempa susulan selama empat minggu ke depan masih mungkin terjadi dalam skala besar maupun kecil tanpa bisa diprediksi.

"Pemerintah pusat dan provinsi pikirkan juga disasteronomiks, pekerjaan berat dalam situasi gempa dimana roda ekonomi harus terus berjalan. Jika infrastruktur ekonomi tak segera ditangani, ekonomi NTB khususnya Lombok bisa benar-benar lumpuh," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up