alexametrics

Erick Thohir: Kebudayaan Jangan Hanya Dilestarikan, tapi Dikembangkan

13 Mei 2022, 12:42:15 WIB

JawaPos.com – Di tengah arus deras modernisasi, pegiat kesenian Betawi masih tetap bertahan hingga kini. Dalam mengapresiasi hal itu Erick Thohir mengunjungi Padepokan Pitulung, Sadulur Congkok di Jalan Belakang Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Dalam kunjungannya Erick Thohir melakukan dialog dan menyerap aspirasi dari pegiat kesenian Betawi. Pada kesempatan itu, Erick juga disuguhkan dengan berbagai atraksi kesenian budaya Betawi seperti silat, palang pintu, lenong, serta tarian khas Betawi.

Dalam sambutannya, Pimpinan Padepokan Pitulung Congkok, Bahtiar atau biasa disapa Abah Meong mengatakan, dirinya menyampaikan aspirasi teman-teman di pegiat budaya, bahwa mereka mempunyai tekad yang sama dalam mengembangkan budaya.

“Jadi teman-teman di budaya, wabil khusus yang tergabung di Asabri ini, mereka tidak hanya ingin melestarikan budaya. Karena menurut kami melestarikan budaya kita, museum kan saja sudah cukup, selesai. Tapi kita bertekad mengembangkan budaya, dikembangkan budayanya,” ujar Bahtiar.

“Kalau kita tidak kembangkan, satu contoh belajar silat Betawi dua tahun, selesai. Kalau enggak di kembangkan, anak kita selesai nongkrong di pasar jadi jawara. Kita ga mau seperti itu, kita mau anak kita dari tradisi menuju prestasi, kita mau seperti itu,” tambahnya.

Abah Meong juga mengungkapkan dirinya Inging menciptakan anak-anak bangsa yang kuat dari budaya.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads