alexametrics

Soal Aksi Terorisme di Sibolga, Fahri Hamzah Siap Teken Bawas

13 Maret 2019, 18:49:00 WIB

JawaPos.com – Aksi terorisme di Sibolga, Sumatra Utara kembali menggegerkan masyarakat Indonesia. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak polisi harus lebih canggih dan bisa mendeteksi hingga ke akar-akarnya.

“Kita ingin investigasi yang transparan, supaya anatomi dari kejahatan terorisme itu bisa kita baca hingga ke akar-akarnya. Itu yang kita mau dari kepolisian,” ujar Fahri di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3).

Di sisi lain, Fahri menilai, penegakan hukum secara transparan tak hanya dalam kasus tindak pidana terorisme. Lebih jauh lagi, dia meminta pemerintah juga harus transparan setiap kasus yang tengah ditangani.

“Masyarakat juga tahu apa yang sedang terjadi, jadi jangan berusaha untuk menutup-nutupi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fahri menegaskan, pihaknya bakal kembali mendorong pembentukan Badan Pengawas (Bawas) untuk upaya pengentasan kasus terorisme. Sebab sampai saat ini, lembaga legislator masih belum juga membentuk tim Bawas.

Padahal pembentukan dewan pengawas telah tercantum pada Pasal 43 J UU Nomor 5 tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Regulasi itu telah mengamanatkan DPR RI untuk membentuk Dewan Pengawas. 

Namun, kata dia, sejak undang-undang itu disahkan pada Mei 2018 lalu, dewan pengawas belum juga dibentuk. Pasalnya, Komisi III belum juga membahas usulan tersebut bersama Polri.

“Kami tunggu saja dari komisi III. Segera, bila perlu hari ini saya teken kalau udah datang,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, terjadi ledakan di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (12/3). Kabar teranyar menyebut, ledakan itu diduga berasal dari bom rakitan.

Detasemen khusus (Densus) 88 sedang berada di lokasi kejadian. Mereka melakukan penyelidikan bersama ratusan anggota kepolisian lainnya.

Ledakan ini terjadi sebelum kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sumut. Dari jadwal yang beredar, Jokowi akan datang ke sejumlah titik termasuk Sibolga.

Diketahui, Jokowi akan berkunjung ke Sumut pada 15-17 Maret 2019. Pada hari pertama, Jokowi akan menghadiri sejumlah agenda di Sumut. Di antaranya adalah peresmian Pelabuhan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) di Batubara.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Soal Aksi Terorisme di Sibolga, Fahri Hamzah Siap Teken Bawas