JawaPos Radar

Wiranto Minta KPK Stop Lakukan OTT, Ada Apa?

13/03/2018, 11:27 WIB | Editor: Imam Solehudin
Wiranto Minta KPK Stop Lakukan OTT, Ada Apa?
Menko Polhukam, Wiranto (Dok.JawaPos)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masif melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada sejumlah kepala daerah. Hal itu dilakukan menjelang proses Pilkada Serentak 2018.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto meminta KPK menunda melakukan OTT di sejumlah daerah.

"Kalau sudah ditetapkan sebagai paslon menghadapi Pilkada Serentak 2018, kita dari penyelenggara minta ditunda untuk melakukan penyelidikan, penyidikannya dan pengajuan sebagai saksi atau tersangka," kata Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (12/3).

Menurut Wiranto, apabila hal itu dilakukan oleh pasangan calon yang tekah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka diprediksi akan mempengaruhi perolehan suara.

"Karena risiko ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, pasti berpengaruh pada  pencalonannya," urai Wiranto.

Meski demikian, Wiranto tak mempermasalahkan OTT yang dilakukan lembaga antirasuah, jika KPU belum menetapkan pasangan calon untuk mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2018.

"Kalau belum ditetapkan sebagai calon atau pasangan calon, KPK silahkan saja lakukan langkah-langkah hukum," ujar Wiranto.

Oleh karena itu, dia meminta KPK untuk dapat menunda permasalahan hukum atau OTT yang menyangkut pencalonan kepala daerah.

"Sehinga tidak berlebihan kalau permintaan dari penyelengara pemilu ditunda dulu lah. Setelah itu silahkan dilanjutkan," pungkasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up