alexametrics

Ogah Urusi Klaim OPM, Wiranto: Saya Tidak Berdiskusi dengan Kriminal

12 Desember 2018, 09:05:44 WIB

JawaPos.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengklaim bertanggungjawab atas aksi pembantaian sadis terhadap pekerja jembatan di Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. Hanya saja mereka ngotot bahwa yang dibantainya adalah anggota TNI buan sipil.

Menanggapi itu, Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menolak membahas klaim dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) tersebut. Dia menegaskan pantang berkompromi dan berdiskusi dengan kelompok kriminal.

“Saya tidak berdiskusi dengan kriminal, mereka klaim apa saja enggak saya jawab, enggak benar itu pasti,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/12).

“Intinya jelas mereka kriminal. Melakukan kejahatan di luar batas kemanusiaan dan harus kita lawan,” imbuhnya.

Mantan Panglima TNI itu menilai bahwa klaim OPM ini hanya bentuk propaganda. Tujuannya untuk menebar keresahan di tengah masyarakat.

“Karena mereka melakukan suatu propaganda membuat masyarakat resah membuat masyarakat menjadi sangat ketakutan, jadi untuk apa saya jawab,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wiranto menuturkan, saat ini pemerintah dan aparat fokus dalam upaya menciptakan suasana aman di Papua. Selain itu, fokus lain yaitu upaya penyelamatan dan pencarian korban hilang.

“Yang penting negara tetap punya kewajiban melindungi segenap tumpah darah dan warga negaranya dan kita lakukan itu. Soal bagaimana klaim OPM biarin aja,” tandasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ogah Urusi Klaim OPM, Wiranto: Saya Tidak Berdiskusi dengan Kriminal