Mahfud MD Ngaku Sudah Punya Jagoan di Pilpres, Petahana atau Oposisi?

12/09/2018, 10:15 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi mengaku sudah memiliki pilihan untuk di Pilpres 2019. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pilihan Mahfud MD di pilpres 2019 banyak di nanti publik. Pasalnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) sempat akan disandingkan menjadi cawapres Joko Widodo (Jokowi) namun gagal di detik terkahir karena digantikan oleh Ma'ruf Amin.

Ketika ditanya akan mendukung siapa di pilpres 2019, Mahfud mengaku sudah memiliki pilihan. Namun dirinya masih enggan untuk mengumumkannya pada masyarakat. Itu menurutnya demi menjaga atmosfer demokrasi.

"Saya sih punya pilihan sendiri, tetapi tentu belum atau tidak harus diumumkan. Ya biar tidak memengaruhi orang sekitar," kata Mahfud.

Lebih lanjut Mahfud mengaku, dirinya punya hubungan baik dengan Joko Widodo - Ma'ruf Amin ataupun Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Pakar hukum tata negara ini menegaskan, tidak pernah punya masalah dengan mereka.

Oleh karena itu, Mahfud menjelaskan, tetap memilih di antara mereka meski punya hubungan baik. Sebab, pilihan itu hanya satu dan diwajibkan dalam konstitusi.

"Saya katakan memilih yang lebih baik di antara yang baik-baik atau memilih yang lebih sedikit jeleknya di antara yang sama-sama kurang baik. Kan bisa saja," jelas Mahfud.

Saat disinggung pernyataan di ILC tentang Ma'ruf Amin, Mahfud mengaku tidak memendam kepada Rais Aam PBNU itu. Pernyataan itu, kata dia, kurang lebih sebagai curahan hati sekaligus kronologis ketika dirinya tidak dipilih sebagai pasangan Jokowi.

"Rugi lah kalau urusan lima tahunan, kok sampai bermusuhan gitu. Padahal kan bangsa ini untuk selamanya, Pilpres itu kan hanya lima tahun," pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi