alexametrics

Selain Garbi, Ini Dua Ormas yang Bertransformasi Jadi Partai Politik

12 Juli 2019, 13:47:50 WIB

JawaPos.com – Ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi)‎ yang didirikan oleh mantan Presiden PKS Anis Matta akan bertransformasi menjadi partai politik. Sehingga bisa memeriahkan perpolitikan di Indonesia.

Salah satu pendiri Garbi, Fahri Hamzah mengajak semua pihak untuk bisa bergabung. Sehingga bisa membantu untuk memberikan optimisme terhadap Indonesia ke depan.

“Kami ingin memulai dengan sau pendekatan yang memiliki implikasi yang bisa menumbuhkan optimisme tentang kebesaran Indonesia,” ujar Fahri kepada wartawan, Jumat (12/7).

Wakil Ketua DPR ini menambahkan, dukungan Garbi menjadi partai politik karena banyak pihak yang menginginkan gerakan dan visi misi ormas tersebut bisa ‎lebih diaktulisasikan menjadi partai politik. Sehingga memang karena usulan banyak pihak.

“Akhirnya disepakati dalam pembicaraan-pembicaraan. Sehingga tinggal menunggu waktu untuk melakukan formalisasi pembentukan partai politik,” katanya.

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin mengatakan, memang bukan menjadi hal yang baru ormas bertransformasi menjadi partai politik. Karena sebelumnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) juga awalnya adalah ormas.

“Ya tentu sesungguhnya partai politik biasanya tidak langsung membentuk partai. Tetapi memiliki strategi membentuk ormas dahulu. Biasanya mereka malu-malu mengakui tidak akan membentuk partai,” katanya.

Ujang menuturkan, ormas adalah untuk mengetes masyarakat apakah tertarik atau tidak. Sebab ormas lebih bisa diterima oleh masyarakat ketimbang partai politik.

Misalnya saja Sultan Hamangkubuono X saat Nasdem masih menjadi ormas, dia berada di dalamnya. Namun setelah menjadi partai politik raja di Yogyakarta itu memutuskan untuk undur diri.

“Jadi ini bukan fenomena yang baru, yang aneh sudah menjadi rahasia umum dan bisa jadi itu strategi di internal mereka,” pungkasnya.

“Artinya ketika menjadi ormas pemerimaan tokoh menjadi tinggi. Dan kalau sudah menjadi parpol sudah memiliki kepentingan,” tambahnya.

Berikut ini adalah dua ormas yang berubah menjadi partai politik.

1. Nasdem

Ormas Nasdem didirikan pada 2009 silam, pendirinya adalah Patrice Rio Capella, Jeffrie Geovanie, dan Ichsan Loulemba. Tiga tahun berselang tepatnya pada 26 Juli 2011 Nasdem bermetarmorfosa menjadi partai politik. Peresmian itu di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara dengan ketua umum Surya Paloh.

2. Perindo

Keluar dari Partai Hanura, bos dari MNC Group Hary Tanoesudibyo membentuk ormas Perindo pada 24 Februari 2013 silam. Dua tahun berselang kemudian ormas Perindo mendeklarasikan diri menjadi sebuah partai politik. Deklarasi tersebut dilakukan di JIEXPO, Kemayoran pada 7 Februasri 2015 dengan ketua umumnya Hary Tanoesudibyo.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono