alexametrics

Belum Setor Nama Calon Menteri, PKB Masih Tunggu Aba-aba Jokowi

12 Juli 2019, 15:59:46 WIB

JawaPos.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak ingin langsung menyodorkan nama-nama calon menteri ke Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Partai yang dikomandoi oleh Muhaimin Iskandar ini lebih memilih menunggu aba-aba dari kepala negara.

“Cak Imin menunggu aba-aba Pak Jokowi Presiden Jokowi untuk mengajukan nama menteri,” ujar Ketua DPP PKB Lukman Edy di kawasan SCBD, Jumat (12/7).

Lukman mengatakan, setelah ada aba-aba dari Presiden Jokowi tentunya Cak Imin bisa langsung menyodorkan nama-nama ‎kadernya. Sehingga tidak ujug-ujug asal menyodorkan nama.

“Jadi nanti begitu ada aba-aba dari Pak Jokowi dan meminta. Maka PKB memberikan daftar nama kadernya untuk direkrut,” katanya.

Mengenai Jokowi yang menginginkan menteri milenial. Lukman menuturkan PKB punya kader potensial. Sehingga saat ini memang menunggu aba-aba dari Presiden Jokowi.

“Nanti Pak Muhaimin memproses menginvetarisir melakukan pembicaraan dengan pemimpinan, baru keluar namanya,” katanya.

Lebih lanjut Lukman mengatakan, sampai saat ini belum ada pembicaraan dengan Presiden Jokowi mengenai posisi menteri.

“Jadi memang belum ada permintaan. Nanti kita kegeeran karena belum diajak bicara kok bicara duluan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin mengatakan, belum ada pembahasan resmi bersama Presiden Jokowi mengenai posisi di kabinet. Hal ini karena masing menghitung pembagian jatah menteri. Pasalnya partai koalisi perlu disesuaikan jumlah menterinya.

“Ada sekian partai koalisi tentu jumlahnya disesuaikan, berapa-berapa gitu perolehannya. belum, belum kemudian masing-masing berapa apalagi orangnya kan belum dibahas orangnya,” ujar Ma’ruf Amin.‎

Terpisah, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan telah mendapatkan informasi dari Presiden Jokowi pembahasan menteri akan dilakukan pada pertengahan Juli ini.

“Beberapa waktu lalu baru mau dibahas pertengahan Juli tapi kapan benernya ya nanti kita lihat,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin.

Lebih lanjut Cak Imin mengatakan, PKB juga akan menyodorkan nama-nama menteri kepada Presiden Jokowi. Itu terdiri dari ‎kader PKB dan juga dari kalangan profsesional.

“PKB mengusulkan dua sumber ada yang kader dan ada yang non kader. Nah dua sumber ini lagi kita godok terus nanti ya kira serahkan Kiai maruf, kita serahkan pak Jokowi baik kader maupun yang non kader,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads