JawaPos Radar

Anggota DPD RI Bergabung, Hanura Ketiban Untung

12/05/2018, 17:32 WIB | Editor: Imam Solehudin
Sutrisno Iwantono
Wakil Ketua Umum Hanura, Sutrisno Iwantono ketika menjadi narasumber diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5) (Imam Solehudin/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) diprediksi meraih suara signifikan dalam Pemilu 2019. Pasalnya, mereka sukses merekrut sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Pengamat Komunikasi Politik, Hendri Satrio mengatakan, kehadiran para anggota maupun eks DPD, sangat berpengaruh besar mendongkrak suara Hanura. Sebab, mereka memiliki basis massa yang loyal dan jelas.

"Tak bakal digoyang. Konstituen Anggota DPD itu memilih karena faktor figur atau ketokohan," kata Hendri kepada JawaPos.com usai acara diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/5).

Pemilu 2019
Suasana diskusi di Warung Daun, Cikini, pagi tadi (Imam Solehudin/JawaPos.com)

Hendri lantas mencontohkan bagaimana kesuksesan partai Golkar. Sekalipun hampir setiap periode kepemimpinan dilanda persoalan, suara Golkar cenderung stabil alias tak pernah turun drastis.

"Karena mereka punya massa yang loyal. Begitu pula dengan Hanura. Saya yakin anggota DPD yang nyalon (Anggota DPR RI di Hanura) pasit terpilih. Jadi Anggota DPD RI itu lebih sulit ketimbang DPR," beber Direktur Eksektutif Kedai KOPI (lembaga survei) tersebut.

"Anggota DPD sudah teruji di lapangan. Cakupan mereka lebih luas dalam menggarap pemilih," lanjutnya.

Elite Hanura Klaim Sudah Puluhan Bergabung

Wakil Ketua Umum Hanura, Sutrisno Iwantono mengklaim bahwa saat ini sudah puluhan tokoh ikut bergabung dengan partainya.

Khusus untuk figur yang berkiprah di DPD RI, dia mengaku sudah sekitar 46 orang siap nyalon dari partainya.

"30 Anggota DPD yang baru bergabung. Sebelumnya sudah ada 16 yang bergabung. Kami bersyukur. Mereka dan Hanura memiliki visi yang sama dalam mensejahterakan masyarakat," ujar dia.

"Kemudian ada sekitar 25 orang para figur potensial. Mereka ada yang mantan bupati, menteri, dirjen, atlet nasional, sampai politikus partai lain," lanjutnya.

Sutrisno optimistis bahwa Hanura mampu melewati ambang batas parlemen. Statment-nya ini sekaligus untuk menepis sejumlah pihak, soal kans partai yang diinisiasi Wiranto tersebut.

"Banyak yang memprediksi Hanura terancam, tapi toh dari pemilu ke pemilu, kami selalu eksis. Ini bukti bahwa masyarakat masih menaruh kepercayaan kepada kami," pungkasnya.

(mam/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up