alexametrics

DPR Pilih Wahiduddin dan Aswanto Jadi Hakim MK Periode 2019-2024

12 Maret 2019, 15:05:16 WIB

JawaPos.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah sepakat memilih hakim Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2019-2024 pada (12/3). Melalui Komisi III, mereka menunjuk dua orang inkumben yaitu Wahiddudin Adams dan Aswanto.

Menurut Wakil Ketua Komisi III Trimedya Panjaitan, penunjukkan kedua hakim itu telah melalui mekanisme di DPR RI. Dia mengatakan, nama tersebut juga telah disetujui oleh seluruh fraksi yang ada.

“Dua-duanya inkumben dan sesuai dengan mekanisme di DPR, pertama kita ambil upaya musyawarah mufakat,” ujar Trimedya Panjaitan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (12/3).

Trimedya menyebut, kedua nama petahana itu pertama kali diusulkan oleh fraksi PDI Perjuangan (PDIP) dalam forum rapat. Selanjutnya, fraksi lain pun mengusulkan dua nama yang sama. Atas kesamaan tersebut, kata dia, seluruh fraksi parpol di DPR tak perlu diagendakan rapat pleno. Pasalnya, kedua nama itu terpilih secara aklamasi.

“Aklamasi menyetujui dua nama itu karena sudah melalui proses musyawarah mufakat. Kita tidak lagi memerlukan pleno,” terangnya.

Lebih lanjut, Trimedya menambahkan, pihaknya juga telah mengirimkan surat kepada Ketua DPR Bambang Soesatyo. Dia berharap, sidang paripurna pelantikan kedua hakim MK terpilih itu segera dijadwalkan.

“Tadi ketua komisi langsung mengirim surat ke Ketua DPR supaya minta penjadwalan paripurna,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPR telah menggelar seleksi hakim MK sejak Februari 2019. Ada pun sebelas calon yang diseleksi adalah Wahiduddin, Aswanto, Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriacida, Bahrul Ilmi Yakup, Galang Asmara, Refly Harun. Selanjutnya, Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta, dan Sugianto.

Editor : Kuswandi

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads
DPR Pilih Wahiduddin dan Aswanto Jadi Hakim MK Periode 2019-2024