alexametrics

Pesan PKS untuk Garbi, Welcome To The Jungle

11 Juli 2019, 17:27:52 WIB

JawaPos.com – Organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) yang dipimpin oleh ‎mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta‎, akan bermetamorfosis menjadi partai politik. Hal itu pun disambut baik oleh elite politik PKS.

Salah satunya Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Ia mengatakan pihaknya sangat menyambut baik lahirnya partai Garbi. Sebab hak setiap warga negara diperbolehkan mendirikan partai politik ataupun ormas.

“Negara ini demokrasi. Siapa saja boleh mendirikan partai. Saya ucapkan selamat dan sukses,” ujar Mardani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/7).

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi II DPR itu berpesan kepada koleganya Anis Matta bahwa membuat partai bukanlah perkara gampang. Karena itu, PKS tidak akanj menganggap Garbi sebagai saingan.

“Kalau mau bikin partai serius, maka welcome to the jungle. Tapi pesannya bikin partai itu berat,” ungkapnya.

Mardani meyakini Garbi dan PKS berbeda. Sehingga dirinya yakin kader-kader PKS tidak berpindah keormas besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah ini. ‎Sehingga Mardani menganggap Garbi bukanlah saingan.

“Ceruk kita ini kan religius ya, ada juga ceruk nasional,” katanya.

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, adanya Garbi kemungkinan besar akan mengambil kader-kader PKS. Misalnya, ada kader yang kecewa dengan PKS, maka sudah pasti akan berlabuh ke Partai Garbi.

‎”Orang-orang yang kecewa dan terbuang dari PKS bisa jadi bergabung dengan Garbi ini. Eggak sulit mengambil orang-orang yang kecewa, atau memang faksinya Anis Matta pasti akan bergabung‎,” ujar Ujang.

Ujang mengatakan, Garbi bisa dibilang pecahan dari PKS maka sasaran pemilihnya juga akan sama dengan partai berlogo bulan sabit kembar tersebut. Misalnya pengkaderisasi lewat jaringan mahasiswa Islam.

“Kan irisannya itu anak muda Islam, gerakan dakwah, jadi biasanya muda-muda yang berangkat dari kampus-kampus. Sama seperti PKS. Pola Garbi tidak akan jauh dari PKS,” ungkapnya.

Apabila Partai Garbi ingin besar maka harus fokus kepada pengrekrutan anak-anak muda sama seperti yang dilakukan oleh PKS. Sudah dari jauh-jauh hari melakukan pengkaderan. Selanjutnya adalah sokongan dana yang kuat.

“Jadi memiliki pendaaan kuat. Sehingga bisa menjadi alternatif dari PKS. Kalau pendanaan lemah, sisi pengkaderan lemah nasibnya sama seperti partai Garuda, Berkarya,” pungkasnya.

Sebelumnya, ‎salah satu pendiri Garbi Fahri Hamzah menyatakan, ormas tersebut akan segera dideklarasikan menjadi partai politik. Hal itu dilakukan supaya ormas itu bisa memberikan kontribusinya dalam dunia perpolitikan di Indonesia.

“Insyaallah ormas ini (Garbi) akan kita deklarasikan menjadi partai. Jika sudah resmi menjadi partai kelak, akan menjadi kekuatan penyeimbang bagi kekuasaan pemerintah, terutama dalam hal visi pembangunan Indonesia,” ujar Fahri.

Menurut Fahri, Indonesia memerlukan tesis-tesis baru dan memfasilitasi pikiran-pikiran yang lebih segar sebagai etalase. Sehingga Garbi komitmen menjadikan Indonesia lebih demokratis.

 

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads