JawaPos Radar

Kabarnya Ulama Pecah karena TGB Dukung Jokowi, Ini Bantahan Ketum ICMI

11/07/2018, 16:48 WIB | Editor: Dimas Ryandi
JImly Assiddiqie
Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Islam (ICMI) Jimly Assiddiqie menegasakan bahwa banyak ulama yang ikut mendukung Jokowi di Pilpres 2019. (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Keputusan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) mendukung Jokowi, memunculkan isu perpecahan ulama. Namun, kabar itu langsung dibantah oleh Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Islam (ICMI) Jimly Assiddiqie.

Menurut Jimly, dukung-mendukung hak berpolitik merupakan milik setiap individu. Karena setiap orang berhak menentukan arah dukungannya masing-masing. Selain itu Jimly juga mengklaim bahwa banyak kalangan ulama pula yang mendukung Jokowi.

Tuan Guru Bajang (TGB)
Gubernur NTB dua Periode Zainul Majdi atau dikenal sebagai Tuan Guru Bajang yang kini mendukung Jokowi diisyukan telah memecah belah ulama. (Ist/JawaPos.com)

"(Dukungan TGB ke Jokowi) enggak memecah ulama, yang mendukung Pak Jokowi kan ulama, jadi jangan sampai muncul anggapan ulama itu hanya mendukung Gerakan 2019 Ganti Presiden," ujar Jimly di Kantor ICMI Jalan Proklamasi Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/7).

Lebih lanjut Jimly mengatakan, jika ada pihak yang menyebut ulama hanya mendukung Gerakan Ganti Presiden itu merupakan klaim sepihak. Sehingga tidak berlaku untuk seluruh ulama yang ada di Indonesia.

"Itu kan klaim saja. Bisa jadi isunya berubah ketika Prabowo tak jadi ngambil PKS sebagai cawapresnya. Jangan-jangan PKS ikut pindah ke Jokowi," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Jimly berharap semua pihak tidak terburu-buru menyimpulkan peta Pilpres 2019. Sebab hingga saat ini situasinya masih begitu cair dan dapat berubah-ubah kapan pun.

"Ini dinamikanya masih belum jelas, jadi jangan umat dipecah belah, ulama jangan dipersepsi mendukung A, mendukung B," pungkasnya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up