alexametrics

Imbas KRL Anjlok, Ketua DPR Bakal Panggil Menhub Budi Karya

11 Maret 2019, 15:09:42 WIB

JawaPos.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk langsung melakukan evaluasi pasca anjloknya Kereta Listrik (KRL) di sekitar Cilebut menuju Bogor, Jawa Barat Minggu (10/3). Mereka juga berencana untuk memanggil menhub dan pihak terkait untuk melakukan evaluasi dari kejadian tersebut.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan PT KAI, dikatakan bahwa ini adalah karena cuaca, tapi menurut saya semua harus dievaluasi agar jangan sampai terjadi kembali kecelakaan tersebut yang bisa saja menimbulkan korban nanti,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/3).

Bamsoet mengungkapkan, lembaga yang diketuainya melalui komisi V juga bakal melakukan pemanggilan kepada pihak-pihak terkait untuk meminta penjelasan dan melakukan pengawasan. Apalagi, kejadian tersebut dikhawatirkan menelan korban jiwa.

“Sudah seharusnya nanti komisi 5 pasti akan memanggil menhub dan pihak-pihak terkait untuk dalam hal pengawasan untuk lebih tegas lagi diperingatkan dan diawasi perusahaan-perusahaan negara ini agar tidak lalai dan abai dan memakan korban lebih banyak lagi,” tuturnya.

Di sisi lain, Bamsoet mengimbau, agar PT KAI segera melakukan evaluasi dan perbaikan sistem yang diperlukan untuk menghindari adanya kerusakan maupun kerugian yang membuat hilangnya nyawa seseorang.

“Kami serahkan pada PT KAI untuk mengevaluasi dan intinya adalah keselamatan penumpang keselataman warga harus dinomorsatukan,” tukasnya.

Sebelumnya, Kereta Rel Listrik (KRL) commuter line mengalami anjlok di dekat pintu perlintasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat, sekira pukul 10.00 WIB, Minggu (10/3). Gerbong paling depan KA 1722 yang melaju dari arah Jakarta menuju Stasiun Bogor itu keluar rel, hingga menabrak tiang listrik.

Dari informasi yang dihimpun, belum ada laporan korban jiwa dalam kecelakaan KRL anjlok. Hanya saja, beberapa korban diketahui dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka ringan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads
Imbas KRL Anjlok, Ketua DPR Bakal Panggil Menhub Budi Karya