alexametrics
Ketua Persaudaraan Alumni 212 Tersangka

Timses 01: Supaya Tidak Kena Kasus Hukum, Jangan Buat Masalah

11 Februari 2019, 15:21:39 WIB

JawaPos.com – Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma’arif telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Surakarta. Dia diduga telah melakukan pelanggaran pemilu dengan kampanye sebelum waktunya.

Ditetapkannya Slamet sebagai tersangka menambah daftar pendukung oposisi yang terjerat pidana. Sebelumnya sudah ada Ahmad Dhani, Buni Yani hingga Ratna Sarumpaet yang terlebih dahulu tersandung masalah hukum.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate mengaku tidak setuju jika ada penilaian hukum tajam ke oposisi. Menurutnya, siapapun yang salah maka hukum akan berbicara.

“Sederhana saja supaya tidak kena kasus hukum, jangan buat masalah hukum, karena hukum akan diperlakukan adil terhadap semua warga negara,” ujar Johnny di komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (11/2).

Sekjen partai Nasdem itu mengatakan, lembaga penegak hukum tidak mengenal politik hukum. Hukum akan menjerat bagi pelanggarnya, bagaimanapun mereka mencoba menghindar.

“Bagi aparat hukum tidak ada itu isu politik hukum. Bagi aparat hukum, penerapan hukum adalah melaksanakan hukumnya. Selincah apapun ya politisi memainkan itu dengan cara mempolitisasi hukum maka mereka akan gagal dihadapan hukum,” tegasnya.

Lebih lanjut, Johnny mendukung segala upaya penegakkan hukum. Terutama jelang Pemilu 2019. Dengan itu diharapkan bisa melahirkan pemimpin yang terbaik di aspek nasional maupun legislatif.

“Untuk itu harus kita dukung supaya apa? supaya ada tertib hukum. Nanti akan menghasilkan pemimpim negara, kepala pemerintahan, pemimpin ditingkat DPR dan MPR yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu Johnny memastikan tidak ada kriminalisasi ulama. Penegakkan hukum ini berlaku pada siapapun bukan hanya golongan tertentu.

“Itulah bagian dari pada politisasi hukum, tidak ada itu kriminalisasi ulama. Tang ada apa? penerapan hukum terhadap tindak pidana siapapun,” tandas Johnny.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Timses 01: Supaya Tidak Kena Kasus Hukum, Jangan Buat Masalah