alexametrics

PPP: Presiden Jokowi Selalu Perhatikan Pihak yang Bekeringat

10 Oktober 2019, 10:45:18 WIB

JawaPos.com – Partai Gerindra disebut-sebut tertarik ada dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Bahkan ‎Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ingin menjabat sabagai Menteri Pertahanan.

Menanggapi isu ini, Wakil Sekretaris Jenderal Parti Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi mengatakan soal jatah menteri adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Sebab mantan Gubernur DKI Jakarta itu paling mengetahui orang-orang yang bisa mengemban jabatan sebagai menteri atau tid‎ak.

“Semuanya merupakan hak prerogatif presiden. PPP menghormati hak prerogatif tersebut yang engga bisa dipaksa-paksa oleh siapapun,” ujar Baidowi saat dihubungi, Kamis (10/10).

Baidowi menyakini Presiden Jokowi akan memperhatikan partai-partai koalisinya untuk bisa ada di dalam kabinet. Sehingga Presiden tidak salah langkah dalam memutuskan. “Berdasarkan pengalaman lima tahun, Pak Jokowi selalu memerhatikan pihak yang berkeringat,” katanya.

Baidowi berujar sampai saat ini belum ada pembahasan mengenai kursi menteri di kabinet. Semua pembagian jatah menteri, sudah pasti para ketua umum partai koalisi akan dikonfirmasi. “Kami yang di koalisi saja belum bicara apapun terkait pos di kabinet. Kami pun tidak tahu bakal dapat pos apa,” ungkapnya.

‎Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengklarifikasi terkait adanya pemberitaan yang menyebutkan ‎bahwa ketua umumnya Prabowo Subianto meminta kursi Menteri Pertahanan (Menhan) kepada Presiden Jokowi.

Dasco mempertanyakan adanya isu tersebut. Menurutnya tidak benar Prabowo Subianto ingin menjabat sebagai Menhan di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kemudian ada berita katanya kok Presiden menawarkan Menteri Pertahanan. Saya agak heran aja bahwa kemudian ya berita itu kemudian beredar, sumbernya dari mana saya nggak tahu,” ujar Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/10).

Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPR ini menegaskan Prabowo Subianto tidak pernah meminta jatah Menhan kepada Presiden Jokowi. Bahkan Presiden Jokowi juga tidak menawarkan jabatan menteri ke Prabowo Subianto.

‎”Justru saya belum dengar sama sekali kalau kemudian ada soal kementerian ketahanan dan lain-lain, karena pembahasan konsep-konsep itu sedang berjalan lalu.

Dasco menjelaskan, dirinya sudah bertemu dengan Prabowo Subianto untuk menanyakan perihal isu tersebut. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo secara tegas mengatakan tidak pernah ditawari atau meminta kursi Menhan.‎

Editor : Bintang Pradewo



Close Ads