JawaPos Radar

‎ Ini Jadi Alasan Jokowi Pilih Gedung Joang 45 Start Awal ke KPU

10/08/2018, 09:44 WIB | Editor: Kuswandi
Jokowi-Maruf Amin
Jokowi dan Ma'ruf Amin saat ingin berangkat ke KPU daftarkan Capres-cawapres, Jumat (10/8) (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎bersama pasangannya Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin tiba di Gedung Joang 45 sekitar pukul 08.55 WIB. Pasangan tersebut duduk satu mobil dengan menumpang Toyota Innova hitam dengan pengawalan ketat dari Paspamres.

Saat keduanya tiba di lokasi, keduanya la‎ngsung disambut salawat nabi sesaat menginjakkan kakinya tetap di depan Gedung Joang 45.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Jokowi menggunakan kemeja putih dipadu dengan celana hitam dan sepatu kets hitam. Sementara Rais Aam PBNU tersebut menggunakan peci hitam, sarung putih dan syal melingkar di lehernya.

Para relawan tampak antusias menyaksikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka juga siap mengantarkan pasangan perpaduan nasionalis-religius tersebut ke KPU untuk mendaftar capres dan cawapres.

"Alhamdulillah di pagi yang cerah ini saya beserta Ma'ruf Amin dari Gedung Joang 45 ini akan mendaftarkan diri menuju KPU," ujar Jokowi dalam pidato sambutannya di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Jumat (10/8).

Jokowi mengatakan, alasan dipilihnya Gedung Joang 45 ini karena di masa lalu ‎tempat para pejuang politik dibina dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Misalnya Soekarno, Mohammad Hatta dan Adam Malik.

‎"Gedung Joang 45 mewakili semangat perjuangan para pemuda yang menyala untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaanya," katanya.

Jokowi melanjutkan, Gedung Joang ini juga sebagai titik awal untuk memulai perjuangan Indonesia lima tahun ke depan, bersama Jokowi dengan Ma'ruf Amin.

'Ini titik awal untuk memulai perjuangan dalam jalan perubahan untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan," ungkapnya.

"Perjalanan kita berdua disertai pendukung, penyusun, partai politik ingin meneruskan jalan yakni perjalanan Indonesia maju," pungkasnya.

Setelah itu, Ma'ruf Amin pun memanjatkan doa untuk diberikan kemudahan perjalalan KPU dan perjuangan ke depannya. Setelah itu didampingi sembilan ketua umum, sekretaris jenderal partai pengusung dan juga relawan berangkat ke KPU untuk mendaftarkan diri menjadi capres dan cawapres. 

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up