alexametrics

Risma-Anas Dinilai Layak Jadi Menteri

10 Juli 2019, 13:16:57 WIB

JawaPos.com – Bukan rahasia lagi, parpol-parpol kini berusaha menempatkan kadernya di barisan kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Namun, PDI Perjuangan (PDIP) mengaku tidak terlibat dalam manuver politik itu.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyampaikan, pihaknya tidak ikut latah seperti partai lain yang menyodorkan nama-nama calon menteri ke presiden. Dia menyatakan, sampai sekarang belum ada nama-nama calon menteri dari PDIP. “Yang pasti ada di dompet Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Red),” ujarnya kemarin (9/7).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Jawa Pos Photo)

Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menilai wajar jika Jokowi mulai memilah-milah calon pembantunya untuk periode lima tahun mendatang. Termasuk calon menteri muda. Dia lantas menyebut sejumlah figur muda yang layak mengisi kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. “Saya kira mereka sangat layak. Mereka adalah figur muda dan sudah teruji,” ujarnya.

Ari meminta parpol tidak terlalu banyak ikut campur. Apalagi memaksakan agar kadernya dipilih presiden. Menurut dia, kebijakan strategis itu cukup ditentukan presiden. Parpol hanya bisa memberikan masukan saat ditanya. “Sebagai pihak yang ikut membantu pemenangan, wajar parpol minta kursi menteri. Tapi, prinsipnya, jangan sampai merecoki,” tegasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (mar/c9/oni)



Close Ads