alexametrics

PAN Sebut Butuh Keajaiban Adanya Tiga Poros di Pilpres

10 Juli 2018, 11:45:06 WIB

JawaPos.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin memainkan strategi seperti di Pilgub DKI Jakarta, untuk di Pilpres 2019 mendatang. Karena PKS ingin adanya tiga poros memecah suara Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menghormati keinginan dari PKS tersebut. Namun adanya poros ketiga ini sulit dilakukan karena ada presidential treshold sebesar 20 persen.

“Saya memang sampai hari ini masih berpendapat kemungkinan dua, alasannya 20 persen itu tinggi,” ujar Zulkifli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/7).

Oleh sebab itu terbentuknya tiga poros yang artinya ada tiga pasangan calon sangat sulit dilakukan. Bahkan kata dia, butuh keajaiban itu bisa terbentuk.

“Kalau tiga itu butuh keajaiban,” katanya.

Saat disinggung apabila dua poros maka akan sulit mengalahkan Jokowi. Ketua MPR ini menyebut saat ini bukan perkara sulit atau tidak. Sebab saat ini semua partai terganjal presidential treshold sebesar 20 persen.

“Ini bukan sulit atau tidak. Dulu saya maunnya 0 persen, kalau 0 kan bisa tiga, bisa lima dan empat. Tapi itu sudah menjadi UU itu 20 persen,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden PKS, Sohibul Iman mengatakan, dirinya sudah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Di pertemuan itu memang perlu ada formula jitu melawan Jokowi, dengan adanya tiga poros supaya ada partai politik bisa terakomodir keinginannya.

Menurut Sohibul, adanya dua poros penantang Jokowi ini ‎bisa saja terwujud. Misalnya nanti ada Gerindra dan PKS resmi berkoalisi. Kemudian poros lainnya adalah Partai Demokrat, PAN dan PKB.

“Sehingga nanti ada dua putaran,” katanya.

Skenario ini juga mirip dengan Pilkada DKI Jakarta, yang ada tiga pasangan calon. Sehingga strategi ini bisa dipakai di Pilpres. Nantinya saat ada putaran kedua, partai-partai lainnya bisa bergabung. Sehingga dia bisa bersaing menantang Jokowi secara heat to heat di Pilpres 2019 ini.

Editor : Kuswandi

Reporter : (gwn/JPC)



Close Ads
PAN Sebut Butuh Keajaiban Adanya Tiga Poros di Pilpres