alexametrics

Romy: Semua Harus Nyatakan Perang Terhadap Hoax!

10 Maret 2018, 13:05:46 WIB

JawaPos.com – Penyebaran berita bohong alias hoax dan ujaran kebencian di media sosial memantik perhatian sejumlah pihak. Tak terkecuali Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy alias Romy.

Menurutnya, semua pihak harus menyatakan perang terhadap hoax. Sejumlah ormas Islam pun kata dia, telah sepakat dengan hal itu. “Semuanya menyatakan perang terhadap berita hoax,” ujarnya di Ponpes Daarul rahman, Ciganjur, Jakarta, Sabtu (10/3).

Sebagai umat muslim, lanjut Romy, harusnya bisa lebih teliti dalam membaca sebuah kabar atau berita. Sebab di dalam Al-Quran, jelas disebutkan untuk melakukam tabayun atau klarifikasi terhadap kabar yang diterima.

“Maka tabayunlah, klarifikasilah. Jangan kita datang justru menyebarkan sesuatu yang tidak kita ketahui,” tegas dia.

Diketahui, Kepolisian Republik Indonesia telah menangkap sejumlah sindikat yang memproduksi dan sudah terbukti menyebarkan 150 ribu berita palsu, dalam tiga tahun terakhir. Romy miris dengan kebenaran tersebut yang nyatanya kini membuat masyarakat terbelah.

“Itu telah menjadikan anak dan adik menjadi jauh ayah dan anak menjadi jauh dan itu semua karena berita palsu untuk kepentingan sesaat,” sebutnyam

Karenanya, perang terhadap hoax dan ujaran kebencian harus digerakkan di benak semua pihak. “Mari kita sama-sama memerangi berita hoax jangan sampai kita termakan oleh berita -berita yang tidak jelas, justru satu sama lain saling bermusuhan,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (dna/JPC)

Romy: Semua Harus Nyatakan Perang Terhadap Hoax!