alexametrics

Komisi III DPR Anggap Masyarakat Sudah Memahami RUU TPKS

10 Januari 2022, 16:58:01 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari mengatakan bahwa Indonesia memiliki urgensi untuk memiliki payung hukum soal pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Untuk itu, Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) diharapkan dapat segera dilakukan pengesahan.

“Kita memiliki kebutuhan untuk segera mengudangkan RUU TPKS,” ungkap Taufik dalam webinar Survei Opini Publik Nasional SMRC, Senin (10/1).

Menurutnya, masyarakat juga mayoritas memahami RUU TPKS bertugas untuk melindungi korban, bukan hal-hal lain di luar kepentingan korban. Jadi, masyarakat sendiri pun apabila mengetahui ada kekerasan seksual di lingkungannya dapat segera bertindak.

“Kalau kita lihat bahwa baik itu RUU TPKS dan Permendikbud, yang dilawan itu kan kekerasan dan semakin banyak masyarakat paham yang dilawan itu kekerasan,” tuturnya.

Ditegaskan olehnya berdasarkan fakta yang ada menunjukkan bahwa korban dari kekerasan seksual ini juga sering menjadi korban untuk kedua kalinya, apalagi ketika harus berhadapan dengan proses hukum.

“Oleh karena itu, kita membutuhkan ini (RUU TPKS), karena itu tidak bisa dicampur dengan hal-hal lain, karena yang kita atur terkait dengan kebutuhan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” terangnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads