alexametrics

Tunda Bertemu Oposisi, Surya Paloh: Kalau Sekarang Dibilang Jualan

9 November 2019, 09:29:38 WIB

JawaPos.com – Partai NasDem memastikan akan terus melanjutkan silaturahmi dengan partai-partai di luar pemerintahan. Adanya sindiran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman tidak membuat NasDem kapok.

Hanya saja, Ketua Partai NasDem Surya Paloh belum bisa memastikan kapan akan menggelar pertemuan dengan partai lain di luar pemerintahan. “Ya, kami lihat momennya. Kalau sekarang, nanti kita dibilang jualan lagi,” kata Surya Paloh di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11).

Baca juga: Alasan Surya Paloh Pilih Anies Ketimbang Jokowi untuk Buka Kongres

Meski begitu, Surya Paloh memastikan pertemuan-pertemuan tersebut bukan untuk membicarakan NasDem keluar dari pemerintahan. Banyaknya kader partai yang menyuarakan menjadi oposisi saat pembukaan kongres, itu dinilai hanya aspirasi sebagian kader, bukan sikap partai.

“Itu kemurnian yang ada di otak pikiran mereka, walaupun nanti kami bilang ngapain kau oposisi, bodoh sekali,” imbuhnya.

Di sisi lain, Surya Paloh merasa bersyukur bisa menjadi bagian pemerintah. Menurut dia, dengan berada di dalam pemerintahan bisa menyumbangkan gagasan untuk kemajuan bangsa.

“Ya jelaslah saya bersyukur, artinya apa, dengan keberadaan dukungan yang kami berikan kepada Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin ini memudahkan pikiran-pikiran politikal kami untuk bisa kami tawarkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Surya Paloh dan Sohibul Iman bertemu pada Rabu (30/10) di kantor DPP PKS Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, disepakati keduanya saling menjaga check and balance jalannya pemerintahan. Namun, pertemuan itu sempat membuat heboh karena kedua partai tersebut berada di kubu yang berseberangan. NasDem merupakan koalisi pemerintah dan PKS mantap menjadi oposisi.

Pertemuan itu membuat Presiden Jokowi sempat menggoda Surya Paloh yang terlihat seperti lebih bahagia setelah bertemu Sohibul. Candaan tersebut langsung disambut tawa dari hadirin yang datang pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Partai Golkar di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11) malam.

“Bapak Surya Paloh yang kalau dilihat malam ini, beliau cerah dari biasanya, sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS,” ucap Jokowi yang disambut tawa hadirin.

“Wajahnya cerah, setelah beliau berdua berangkulan dengan Pak Sohibul Iman,” sambung Jokowi yang kembali disambut riuh seisi ruangan.

Jokowi menyampaikan, tak tahu makna mendalam dari maksud pertemuan tersebut. Terlebih ada adegan saling rangkul keduanya. “Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman. Tadi di holding saya tanyakan, ada apa? Tapi nanti jawabnya, lain waktu dijawab,” imbuh Jokowi.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads