alexametrics

Sipol Tak Semata jadi Pemicu Gagalnya Parpol Ikut Pemilu 2019

9 November 2017, 07:06:06 WIB

JawaPos.com – Sejumlah partai politik yang tak lolos dalam seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu 2019 kebanyakan menyalahkan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Pasalnya SIPOL baru ada di tahun ini sebagai salah satu syarat ikut Pemilu.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari membantah tudingan itu. Menurut dia, SIPOL memang memiliki kelemahan. Namun, hal itu tak menghalangi proses pendaftaran calon peserta Pemilu.

Pasalnya kata dia, ada 14 parpol yang dinyatakan melengkapi berkas persyaratan pendaftaran oleh KPU, bulan lalu. “Kalau pun ada crowded untuk input data, kami akui, tapi terjadi pada 16 Oktober,” katanya di Bawaslu, Jakarta, Senin (6/11).

Sehingga SIPOL kata dia tak bisa semata-mata dianggap menjadi biang kegagalan parpol ikut pemilu. “Kan ada juga parpol lain yang bisa lolos,” tambah dia.

Diketahui, kritik atas SIPOL disampaikan sejumlah Parpol dan melaporkannya dalam dugaan pelanggaran administrasi ke Bawaslu. Menurut Parpol-parpol itu, sistem tersebut kerap bermasalah dan menghambat dalam upaya untuk melengkapi berkas pendaftaran.

KPU sendiri telah dilaporkan 10 Parpol karena diduga melanggar administrasi pada tahap pendaftaran calon peserta pemilu. Yakni, PKPI versi Hendropriyono, PKPI versi Hari Sudarno, Partai Idaman, PBB, Partai Bhinneka, PPPI, Partai Republik, Partai Rakyat, Parsindo, dan PIKA.

Editor : admin

Reporter : (elf/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Sipol Tak Semata jadi Pemicu Gagalnya Parpol Ikut Pemilu 2019