alexametrics

Sesuai Tradisi, Prabowo Dipastikan Hadir di Pelantikan Jokowi

9 Oktober 2019, 17:52:45 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dipastikan akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Minggu 20 Oktober 2019. Acara yang akan digelar pukul 14.00 WIB itu digelar di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta.

Soal kepastian hadirnya Prabowo itu diungkapkan oleh Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Menurutnya sesuai tradisi yang ada, maka Prabowo akan hadir. Terbukti pada 2014 lalu, Prabowo juga menjadi capres kala itu, hadir saat pelantikan Jokowi – Jusuf Kalla.

“Ya insyallah, kalau lihat tradisi ya beliau datang,” kata Muzani usai mengikuti Rapat Pimpinan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

Muzani mengaku akan melaporkan kepada Prabowo hasil Rapat pimpinan (Rapim) MPR hari ini. “Saya akan laporkan hasil rapat ini kepada beliau ya,” ujarnya.

Rapim yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo hari ini menghasilkan beberapa keputusan. Antara lain soal jam pelantikan. MPR sepakat mengusulkan pelantikan diundur dari pukul 10.00 WIB menjadi 14.00 WIB, dengan berbagai pertimbangan.

Politikus yang akrab disapa Bamsoet itu menyatakan, sebelum 20 Oktober, pimpinan MPR akan mendatangi Jokowi, Ma’ruf Amin, Prabowo maupun Sandiaga Salahudin Uno. Selain itu juga akan menyambangi Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“Semoga pekan ini bisa diterima Megawati, SBY, maupun Prabowo.  Nanti, sekaligus mengantar undangan agar beliau-beliau berkenan hadir,” katanya usai Rapim MPR.

Bamsoet juga menuturkan, pimpinan MPR akan mengundang Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Sekretariat Negara, Komisi Pemilihan Umum, untuk membahas pelaksanaan pelantikan presiden dari berbagai sisi.

“Semoga saja pelantikan berlangsung khidmat, berjalan lancar dan menjadi tauladan politik yang baik bagi dunia internasional bahwa kondisi politik kita stabil,” ujar mantan ketua DPR itu.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads